Daftar HP 5G di Indonesia Berdasarkan Harga, Brand, dan Dukungan Operator Seluler

Kompas.com - 29/04/2022, 17:40 WIB

KOMPAS.com - Tahun lalu, jaringan 5G mulai resmi dikomersilkan di Indonesia. Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang mengomersilkan 5G pada bulan Mei 2021 lalu. Tak lama kemudian, Indosat Ooredoo -kini Indosat Ooredoo Hutchison- ikut menggelar jaringan internet generasi kelima itu di bulan Juni 2021.

XL Axiata kemudian menyusul di bulan Agustus, dan menjadi operator seluler terakhir di Indonesia yang resmi menggelar 5G komersil sejauh ini.

Kendati sama-sama menggelar jaringan 5G komersil, ketiga operator itu memanfaatkan spektrum yang berbeda.

Baca juga: Resmi, Telkomsel Operator Seluler 5G Pertama di Indonesia

Telkomsel misalnya, operator pelat merah ini memanfaatkan spektrum 2.300 MHz (band n40) dan 1.800 MHz (band n3). Sementara XL Axiata mengandalkan spektrum 1.800 MHz dan 2.100 MHz (band n1). Sedangkan IOH, memanfaatkan spektrum 1.800 MHz untuk menggelar 5G di Tanah Air.

Pemanfaatan spektrum yang berbeda-beda ini mempengaruhi smartphone 5G yang didukung.
Artinya, tidak semua smartphone 5G yang beredar di pasaran saat ini, bisa terkoneksi dengan 5G ketiga operator seluler itu secara bersamaan.

Bisa saja, smartphone 5G hanya mampu mendukung konektivitas 5G IOH dan XL Axiata saja.
Namun tidak menutup kemungkinan smartphone 5G mendukung seluruh pita yang digunakan operator seluler.

Baca juga: Tak Semua Ponsel 5G di Indonesia Bisa Tersambung ke Jaringan 5G Telkomsel, Ini Sebabnya

Cara cek jangkauan 5G

Selain keterbatasan dukungan pita pada smartphone, sebaran jaringan 5G di Indonesia juga masih belum luas. Tidak semua daerah di Indonesia sudah mendukung 5G saat ini, pun masing-masing operator, memiliki jangkauan yang berbeda-beda pula.

Jadi, bisa saja, di satu kota mendukung salah satu 5G milik operator, tapi tidak mendukung 5G milik operator lain. Sebagai contoh, titik lokasi Balai Kota Surakarta, terjangkau 5G Telkomsel dan IOH, namun belum tersedia untuk XL Axiata.

Untuk memastikannya, cek dulu apakah wilayah Anda sudah terjangkau 5G oleh salah satu operator di atas atau belum dengan cara klik link berikut:

Baca juga: Ini Daftar Wilayah yang Mendapat Jaringan 5G Indosat

Daftar HP 5G di Indonesia

Apabila wilayah sudah terjangkau, Anda bisa memilih HP 5G yang mendukung konektivitas operator seluler yang Anda gunakan.

Untuk lebih lengkapnya, KompasTekno telah merangkum seluruh HP 5G yang beredar di Indonesia hingga pertengahan bulan April 2022.

Daftar ini akan dikategorikan berdasarkan harga, brand, hingga dukungan operator seluler.
Berikut daftarnya:

Daftar HP 5G di Indonesia berdasarkan harga

Daftar HP 5G di Indonesia berdasarkan brand

Daftar HP 5G di Indonesia berdasarkan dukungan operator 5G

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.