WhatsApp Siapkan "Companion Mode", Satu Akun Bisa Dipakai di 2 HP Sekaligus

Kompas.com - 11/05/2022, 16:02 WIB
ilustrasi WhatsApp user slashgear.comilustrasi WhatsApp user

KOMPAS.com - Selama ini, secara default, pengguna aplikasi perpesanan instan WhatsApp hanya bisa mendaftarkan satu nomor telepon untuk satu akun WhatsApp di satu perangkat ponsel.

Namun, itu semua tampaknya akan berubah di masa mendatang. Pasalnya, WhatsApp diyakini tengah menyiapkan fitur yang membuat pengguna bisa menggunakan satu akun WhatsApp di dua ponsel yang berbeda secara bersamaan.

Kabar ini terendus oleh WABetaInfo, yang kerap memberi bocoran fitur-fitur WhatsApp dengan akurat, sebelum resmi meluncur.

Menurut WABetaInfo, fitur yang memungkinkan satu akun WhatsApp digunakan di 2 HP sekaligus bernama "Companion Mode".

Baca juga: Arti Emoji Wajah Mengintip, Wajah Titik-titik, dan Wajah Meleleh di WhatsApp

"Companion Mode memungkinkan Anda untuk menautkan perangkat ini (ponsek kedua) ke akun WhatsApp yang terdaftar di ponsel Anda. Beralih ke Companion Mode akan mengeluarkan Anda dari Akun WhatsApp Anda saat ini," tulis keterangan fitur Companion Mode dalam tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo.

Fitur Companion Mode yang diyakini tengah dikembangkan oleh WhatsApp.WABetaInfo Fitur Companion Mode yang diyakini tengah dikembangkan oleh WhatsApp.
Sederhananya, sebelum ada Companion Mode, pengguna memiliki dua akun WhatsApp (nomor telepon utama dan nomor telepon sekunder) di dua ponsel milik Anda.

Ketika Companion Mode sudah resmi hadir, Anda memutuskan untuk menggunakan satu akun WhatsApp saja di dua ponsel milik Anda.

Nah, di sinilah peran Companion Mode. Di ponsel kedua, Anda bisa mendaftarkan akun WhatsApp yang didaftarkan dengan nomor utama Anda. Namun, konsekuensinya, akun WhatsApp yang sebelumnya didaftarkan dengan nomor sekunder Anda di ponsel kedua akan resmi keluar (log-out).

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur WhatsApp Reactions, Beri Emoji di Chat Pribadi atau Grup

"Peralihan ke Companion Mode akan menghapus semua data Whatsapp yang disimpan secara lokal, termasuk pesan dan media Anda," tulis keterangan.

Makanya, nanti, sebelum beralih ke mode Companion Mode, ada baiknya pengguna melakukan pencadangan (back up) data dan media WhatsApp dari akun WhatsApp sekundernya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber WABetaInfo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.