Kompas.com - 12/05/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Sudah banyak smartphone yang hadir tanpa colokan audio 3.5 mm. Mulai dari Apple, Samsung, Oppo, Xiaomi, hingga Vivo.

Ketika ditanya, siapakah vendor ponsel yang pertama kali membuang port audio jack 3.5mm dari ponselnya, kebanyakan orang mungkin akan menjawab iPhone 7 series bikinan Apple.

Jika kilas balik ke belakang, Apple mulai menghilangkan jack audio 3.5mm di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus pada 2016 silam. Sejak saat itu, Apple tak lagi menyertakan lubang tersebut di ponsel bikinannya.

Namun, sejatinya, Apple bukanlah vendor ponsel pertama yang membuang port untuk menyambungkan headset atau earphone kabel itu.

Usut punya usut, Oppo adalah vendor ponsel yang pertama kali melakukannya. Empat tahun sebelum iPhone 7 Plus dirilis, tepatnya pada 2012, Oppo sudah meluncurkan ponsel Oppo Finder tanpa colokan audio jack 3.5mm.

Baca juga: Mengapa iPhone 7 Tak Punya Jack Audio dan Tombol ?Home??

Pada 2014, Oppo juga membuang jack audio 3.5mm pada ponsel kelas menengahnya, yaitu Oppo R5.

Oppo Finder, smartphone tertipis tahun 2012 yang menjadi pendahulu Oppo R5Oppo Oppo Finder, smartphone tertipis tahun 2012 yang menjadi pendahulu Oppo R5
Alasan Oppo buang audio jack 3.5mm

Pada 2012 silam, Oppo memutuskan untuk membuang jack audio 3.5mm pada ponsel Oppo Finder untuk alasan "estetika", yakni agar bodi ponsel menjadi tipis.

Memang benar, tanpa jack audio 3.5mm, Oppo Finder hanya memiliki ketebalan 6,65 inci. Tak ayal, kala itu, ponsel ini dijuluki sebagai smartphone paling tipis di dunia.

Namun, predikat smartphone tertipis di dunia yang dipegang Oppo Finder kemudian diambil alih oleh Oppo R5.

Pada 2014, Oppo R5 meluncur tanpa jack audio dengan bodi lebih tipis dari Oppo Finder. Menurut laporan outlet media Android Authority, ketebalan Oppo Finder yang hanya 4,85mm.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.