iPhone Pertama dengan USB-C Meluncur Tahun Depan?

Kompas.com - 13/05/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Apple diramalkan akan mengganti konektor lightning dengan USB Type-C di iPhone 15 yang dirilis tahun depan.

Setidaknya begitulah prediksi Ming-Chi Kuo, seorang analis kenamaan sekaligus pembocor produk baru Apple yang kerap akurat.

Dalam sebuah utas di akun Twitter pribadinya, Kuo mengatakan bahwa iPhone terbaru yang dirilis paruh kedua (Juli-Desember) tahun 2023 akan meninggalkan port Lightning dan beralih ke USB-C

"USB-C dapat meningkatkan kecepatan transfer dan pengisian daya iPhone dalam desain perangkat keras, tetapi detail spesifikasi akhir masih bergantung pada dukungan iOS," tulis Kuo di akun Twitter dengan handle @mingchikuo.

Baca juga: iPhone dengan Konektor USB C Ditawar Lebih dari Rp 200 Juta

Masih dalam utas yang sama, Kuo memprediksi, pemasok ekosistem Apple bakal menjadi fokus pasar dalam 1-2 tahun ke depan, berkat pesanan besar dari iPhone dan adopsi aksesori port USB-C.

Informasinya tersebut diduga didapatkan Kuo dari sumber yang mengetahui soal rantai pasokan Apple.

Ilustrasi iPhone yang menggunakan konektor USB Type-C untuk mengisi daya dan transfer data.GSMArena Ilustrasi iPhone yang menggunakan konektor USB Type-C untuk mengisi daya dan transfer data.
Kuo sendiri memang tidak menyebutkan secara gamblang tipe iPhone yang pertama kali akan dibekali port USB Type-C.

Apple sendiri saat ini disinyalir sedang menyiapkan iPhone 14 series.

Bila skema penamaan lini iPhone tidak diubah, maka di tahun 2023, Apple kemungkinan bakal memperkenalkan iPhone 15 series dengan port USB-C.

Bila informasi Kuo akurat, artinya seri iPhone 14 akan menjadi iPhone generasi terakhir yang dilengkapi port Lightning untuk mengisi daya dan transfer data, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Jumat (13/5/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.