Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony "LinkBuds S" Masuk Indonesia, TWS Ringan Harga Rp 3 Jutaan

Kompas.com - 20/05/2022, 14:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bersamaan dengan peluncuran global, Sony langsung memboyong aksesori True Wireless Stereo (TWS) LinkBud S ke Indonesia. TWS terbaru ini diklaim sebagai earphone TWS paling ringan yang ada di pasaran untuk saat ini.

Di atas kertas, satu earbud Sony LinkBuds S memiliki bobot bersih sekitar 4,8 gram. Bila di total, kedua earbuds tersebut beratnya adalah 9,6 gram.

Sebagai perbandingan, kita bisa menilik bobot sejumlah TWS yang sudah dipasarkan di Tanah Air. Seperti Samsung Galaxy Buds Pro, misalnya. Satu earbud TWS Galaxy Buds Pro berbobot total 12,6 gram.

Sementara TWS Redmi Buds 3 Pro memiliki berat sekitar 9,8 gram untuk kedua earbuds-nya. Tak ayal, Sony LinkBuds S diklaim sebagai TWS paling ringan di pasaran untuk saat ini.

Baca juga: Nothing Ear (1), TWS Buatan Mantan Bos OnePlus Dijual di Indonesia

Tampang earbuds Sony LinkBuds S varian warna putih.sony Tampang earbuds Sony LinkBuds S varian warna putih.
Bila dimasukkan ke dalam cangkang (case), bobot TWS Sony LinkBuds S bakal bertambah 35 gram. Case perangkat ini berbentuk oval dengan dimensi 42,8 x 60 x 27,6mm.

Untuk fitur, Sony LinkBuds S sudah dibekali fitur Active Noise Cancellation (ANC) yang bisa meredam suara bising di sekitar pengguna.

Selain itu, TWS ini juga memiliki mode suara Natural Ambience agar suara di sekitar pengguna masih bisa terdengar supaya pengguna bisa tetap waspada dengan lingkungan sekitar.

Untuk perlindungan, Sony membekali TWS terbarunya ini dengan sertifikat IPX4, sehingga bisa melindungi perangkat dari percikan air jika digunakan saat berkeringan atau hujan.

TWS Sony LinkBuds S mendukung Bluetooth 5.2 yang mampu digunakan dengan jarak hingga 10 meter.

Harga Sony LinkBuds S di Indonesia

Untuk daya tahan baterai, Sony LinkBuds S diklaim bisa bertahan hingga 9 jam jika ANC dinon-aktifkan dan 6 jam apabila ANC dinyalakan.

Angka itu bisa diperpanjang hingga 14 jam dengan melakukan pengisian baterai di aksesori charging case, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi Sony Indonesia, Jumat (20/5/2022).

Tak disebutkan berapa kapasitas baterai charging case TWS ini. Namun, Sony  mengatakan bahwa, pengisian daya charging case tersebut membutuhkan warktu sekitar 3 jam untuk penuh lewat port USB-Type C.

Baca juga: Xiaomi Watch S1 dan TWS Earphones 3 Resmi Meluncur, Ini Spesifikasinya

TWS berbobot total sekitar 44,6 gram ini, mendukung format audio standar codec, yaitu SBC, AAC, LDAC.

Di bagian permukaan earphone, terdapat sensor sentuh untuk navigasi dan terintegrasi dengan layanan Google Assistant.

Harga Sony LinkBuds S di Indonesia dibanderol Rp 3.199.000. TWS ini tersedia dalam varian warna putih, hitam, dan krem.

Di Indonesia, Sony LinkBuds S sudah bisa dipesan (pre-order) mulai 19 Mei hingga 12 Juni 2022 di situs resmi Sony Indonesia dan sejumlah marketplace rekanan Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com