Kompas.com - 27/05/2022, 18:30 WIB

KOMPAS.com - Ponsel flagship Oppo Find X3 Pro 5G, begitu juga Oppo Reno7 4G dibekali dengan kamera "mikroskop" alias mikro yang memiliki fungsi unik.

Seperti namanya, kamera ini memungkinkan pengguna memotret obyek yang sangat mungil, alias mikroskopis yang sejatinya hanya bisa dilihat dengan detail oleh kaca pembesar.

Jika dibayangkan, fungsi kamera ini mirip dengan kamera makro yang biasanya digunakan untuk memotret obyek kecil, layaknya dipotret dengan pembesaran 15x.

Detail obyek tersebut nantinya akan terlihat jelas apabila pengguna memotret dari jarak sekitar 3-7 cm.

Baca juga: Update Oppo Reno7 4G Perbaiki Hasil Foto Kamera Selfie

Meski demikian, fungsi pembesaran obyek di kamera mikro lebih tinggi (hingga 60x), dan pengguna bisa menikmati fungsi ala mikroskop di kamera tersebut apabila obyek yang dibidik nyaris mendekati lensa kamera (sekitar 1 cm).

Untuk melihat hasil foto obyek mikroskopis, kami mengandalkan Reno7 4G yang tentunya sudah dibekali dengan kamera mikro 2 MP yang memiliki fitur pembesaran 30x Microlens.

Hasilnya, kamera mikroskop ponsel ini memang bisa menyingkap detail aneka obyek foto berukuran kecil yang biasanya luput dari pandangan karena terlalu mungil.

Hasil foto kamera biasa (kiri) dan hasil foto kamera mikro (kanan) di ponsel Oppo Reno7 4G.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera biasa (kiri) dan hasil foto kamera mikro (kanan) di ponsel Oppo Reno7 4G.

Kotoran kecil berwarna putih yang menempel di sebuah karpet berwarna hitam, misalnya, akan terlihat sangat jelas dan menyerupai sebuah daun apabila dibidik dengan kamera mikro Reno7 4G, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Begitupun dengan serat-serat benang yang menyilang dalam kain dan kotoran mungil yang terlihat seperti batu besar jika dipotret dengan fitur mikroskop di ponsel tersebut.

Baca juga: Apa Beda Konektor Micro USB dan USB Type C?

Kemudian, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur kamera mikro untuk melihat noda kecil yang menempel di atas baju, atau melihat pori-pori kulit yang tidak bisa dipandang oleh mata telanjang, sebagaimana gambar di bawah ini.

Hasil foto kamera biasa (kiri) dan hasil foto kamera mikro (kanan) di ponsel Oppo Reno7 4G.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera biasa (kiri) dan hasil foto kamera mikro (kanan) di ponsel Oppo Reno7 4G.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.