Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Kamera Mikro di HP Oppo, Apa Bedanya dengan Kamera Makro?

Kompas.com - 27/05/2022, 18:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ponsel flagship Oppo Find X3 Pro 5G, begitu juga Oppo Reno7 4G dibekali dengan kamera "mikroskop" alias mikro yang memiliki fungsi unik.

Seperti namanya, kamera ini memungkinkan pengguna memotret obyek yang sangat mungil, alias mikroskopis yang sejatinya hanya bisa dilihat dengan detail oleh kaca pembesar.

Jika dibayangkan, fungsi kamera ini mirip dengan kamera makro yang biasanya digunakan untuk memotret obyek kecil, layaknya dipotret dengan pembesaran 15x.

Detail obyek tersebut nantinya akan terlihat jelas apabila pengguna memotret dari jarak sekitar 3-7 cm.

Baca juga: Update Oppo Reno7 4G Perbaiki Hasil Foto Kamera Selfie

Meski demikian, fungsi pembesaran obyek di kamera mikro lebih tinggi (hingga 60x), dan pengguna bisa menikmati fungsi ala mikroskop di kamera tersebut apabila obyek yang dibidik nyaris mendekati lensa kamera (sekitar 1 cm).

Untuk melihat hasil foto obyek mikroskopis, kami mengandalkan Reno7 4G yang tentunya sudah dibekali dengan kamera mikro 2 MP yang memiliki fitur pembesaran 30x Microlens.

Hasilnya, kamera mikroskop ponsel ini memang bisa menyingkap detail aneka obyek foto berukuran kecil yang biasanya luput dari pandangan karena terlalu mungil.

Hasil foto kamera biasa (kiri) dan hasil foto kamera mikro (kanan) di ponsel Oppo Reno7 4G.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera biasa (kiri) dan hasil foto kamera mikro (kanan) di ponsel Oppo Reno7 4G.

Kotoran kecil berwarna putih yang menempel di sebuah karpet berwarna hitam, misalnya, akan terlihat sangat jelas dan menyerupai sebuah daun apabila dibidik dengan kamera mikro Reno7 4G, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Begitupun dengan serat-serat benang yang menyilang dalam kain dan kotoran mungil yang terlihat seperti batu besar jika dipotret dengan fitur mikroskop di ponsel tersebut.

Baca juga: Apa Beda Konektor Micro USB dan USB Type C?

Kemudian, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur kamera mikro untuk melihat noda kecil yang menempel di atas baju, atau melihat pori-pori kulit yang tidak bisa dipandang oleh mata telanjang, sebagaimana gambar di bawah ini.

Hasil foto kamera biasa (kiri) dan hasil foto kamera mikro (kanan) di ponsel Oppo Reno7 4G.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera biasa (kiri) dan hasil foto kamera mikro (kanan) di ponsel Oppo Reno7 4G.

Nah, apabila pengguna memakai kamera makro, obyek yang dibidik seperti gambar-gambar di atas tidak akan memiliki detail sebesar itu.

Debu yang berada di atas karpet, misalnya, mungkin hanya akan berbentuk seperti butiran tanah saja, sedangkan pori-pori kulit tidak akan terlihat dan yang bisa dipandang pengguna hanya bulu kulit saja.

Baca juga: Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Oppo Reno7 Z 5G

Perlu dicatat, apabila pengguna ingin membidik obyek dengan kamera mikroskop dengan ponsel Oppo Reno7 4G atau Find X3 Pro 5G, pastikan tangan menggenggam ponsel dengan cukup stabil tanpa adanya getaran.

Sebab, karena tingkat magnifikasi yang cukup tinggi, sedikit getaran dalam proses pemotretan akan membuat kamera ponsel mengarah dan membidik obyek mungil lainnya, dan tentunya bisa membuat hasil foto terlihat buram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com