Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Oppo Reno7 4G Perbaiki Hasil Foto Kamera Selfie

Kompas.com - 27/05/2022, 11:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Reno7 4G yang dipasarkan di Indonesia belum lama ini mendapatkan dengan pembaruan (update) perangkat lunak (software).

Pantauan KompasTekno, Jumat (27/5/2022), pembaruan yang memiliki nomor "CPH236321312_11_A.11" tersebut fokus untuk memperbaiki hasil foto kamera selfie, yaitu dengan cara mengurangi noise berlebih yang ada dalam hasil foto.

Sekadar informasi, noise adalah bintik-bintik warna yang bisa dilihat pada hasil foto yang bisa mengganggu detail foto itu sendiri.

Dengan pengurangan noise lewat pembaruan tadi, tentu saja hasil foto selfie di Reno7 4G akan semakin halus, lebih tajam, dan lebih nikmat dipandang.

Baca juga: Dari Pagi hingga Malam, Menjajal Kamera Oppo Reno7 5G di Sirkuit Mandalika

Nah, kami pun langsung membuktikan apakah pembaruan yang berukuran 446 MB ini hanya berupa gimik atau memang benar-benar membuat hasil foto selfie lebih bagus.

Sebelum melihat hasil fotonya, perlu diingat bahwa kami sudah mematikan filter untuk mempercantik wajah, alias mengubah mode pemotretannya menjadi "Original", serta menonaktifkan fitur retourch dan mengubahnya menjadi "Natural".

Dengan begitu, hasil foto wajah akan terlihat menyerupai aslinya dan tidak dipercantik dengan bantuan sistem. Kemudian, kami juga melakukan swafoto dua kali, yaitu sebelum dan sesudah Reno7 4G kami dipasang dengan update terbaru.

Hasil foto

Hasil foto kamera selfie sebelum ponsel Reno7 4G di-update (kiri) dan sesudah di-update (kanan).KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera selfie sebelum ponsel Reno7 4G di-update (kiri) dan sesudah di-update (kanan).

Untuk hasilnya sendiri, bisa dilihat bahwa pembaruan ini tampaknya memang akan mengurangi noise berlebih dalam hasil foto selfie.

Jika dilihat pada foto pertama yang terletak di pojok kiri atas pada gambar atas, bisa dilihat bahwa ada sedikit noise di sekitar mata, dahi, dan di deretan buku yang ada di latar belakang obyek.

Sekilas, noise ini tidak akan terlihat dengan mata telanjang, namun jika gambar sedikit diperbesar, pengguna akan bisa melihat bahwa foto di sebelah kiri memiliki lebih banyak titik warna dibanding foto di sebelah kanan yang cenderung lebih halus.

Baca juga: Perbedaan Reno 7 4G dan Reno 7 5G di Indonesia, Bukan Cuma Konektivitas

Selain itu, apabila dilihat seksama, gambar wajah di sebelah kanan, yang diambil setelah Reno7 4G di-update, juga tampak lebih bagus dan lebih tajam dibanding gambar wajah di sebelah kiri, yang diambil sebelum ponsel di-update.

Fitur lainnya yang diperbaiki

Terlepas dari perbaikan hasil foto selfie, pembaruan Reno7 4G ini juga disebut bakal meningkatkan performa dan sistem ponsel, meningkatkan sistem keamanan Android ke bulan April 2022, serta memperbaiki masalah yang ada dalam fitur jaringan.

Nah, karena sistem keamanannya makin diperkuat, ada baiknya untuk segera memperbarui perangkat Anda dengan update terbaru ini, apabila Anda merupakan pengguna Reno7 4G.

Pembaruan software bisa dilakukan dengan mengunjungi menu "Settings" > dan "About device".

Di menu tersebut, pilih label yang bertuliskan "Up to date" dan klik tombol "Download now" untuk mengunduh update terbaru yang bisa mempercantik hasil foto kamera selfie di ponsel Reno7 4G ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com