Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 2024, iPhone di Eropa Wajib Pakai USB Type-C

Kompas.com - 09/06/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Selama ini, lini ponsel bikinan Apple, iPhone mengandalkan port khusus, bernama "Lightning" untuk melakukan pengisian daya dan transfer data. Namun, semua itu bakal berubah pada 2024 mendatang, setidaknya untuk perangkat iPhone yang dijual di Eropa.

Pasalnya, seluruh model iPhone yang dijual di 27 negara Uni Eropa (Prancis, Irlandia, Polandia, Jerman, Swedia, Spanyol, Belanda, dan lainnya) wajib menggunakan port USB Type-C, sehingga harus menanggalkan port Lightning.

Hal ini menyusul disetujuinya aturan tentang port pengisian daya tunggal menggunakan port USB Type-C untuk perangkat elektronik yang dijual di Eropa, menjadi sebuah Undang-undang (UU) baru oleh Komisi Uni Eropa pada Selasa (7/6/2022).

Baca juga: Eropa Wajibkan Seluruh Perangkat Elektronik Pakai USB-C Mulai 2024

Adapun jenis perangkat elektonik yang diwajibkan menggunakan port USB-C di antaranya adalah smartphone, tablet, laptop, earbuds/ True Wireless Stereo, dan speaker portable.

Ilustrasi iPhone yang menggunakan konektor USB Type-C untuk mengisi daya dan transfer data.GSMArena Ilustrasi iPhone yang menggunakan konektor USB Type-C untuk mengisi daya dan transfer data.
Menurut keterangan tertulis di situs resmi Parlemen Eropa, aturan yang mengatur penggunaan charger USB Type-C di Eropa ini akan disahkan dan diterbitkan sebagai undang-undang baru pada musim panas tahun ini, atau sekitar bulan Juli-September 2022 ini.

Lalu, undang-undang tersebut bakal berlaku efektif dalam waktu 24 bulan (2 tahun) setelah diterbitkan, atau sekitar bulan Juli-September 2024.

Aturan ini bakal berlaku untuk semua vendor perangkat elektronik tanpa terkecuali, termasuk Apple.

Artinya, bila tetap ingin memasarkan iPhone di negara-negara Uni Eropa, Apple harus meninggalkan port Lightning. Lalu, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS ini memiliki waktu maksimal dua tahun untuk meluncurkan iPhone dengan USB C di Eropa pada 2024 mendatang.

Baca juga: iPhone Keluaran Eropa Diwajibkan Pakai USB Tipe C

Vendor ponsel sudah beralih ke USB C, kecuali Apple

Saat ini, standar konektor universal yang didorong komisi Uni Eropa adalah USB tipe-C.

Para vendor ponsel Android sudah lebih dulu beralih ke USB-C. Sebut saja Samsung, Huawei, Xiaomi, Realme, Vivo, dan lainnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.