Kompas.com - 18/06/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - iPhone dengan sistem operasi iOS dibekali berbagai fitur yang memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya. Di antara berbagai fitur itu, salah satu yang mungkin cukup efisien adalah Offload Unused Apps.

Pasalnya, fitur Offload Unused Apps atau Keluarkan Aplikasi Tidak Terpakai bisa membantu pengguna untuk menghemat memori iPhone dengan mudah. Sebagian dari Anda pengguna iPhone, mungkin belum banyak yang mengetahui apa itu Offload Unused Apps.

Baca juga: 2 Cara Memulihkan Cadangan Chat WhatsApp di iPhone dengan Mudah

Secara konsep, Offload Unused Apps adalah fitur untuk menghapus, melepas, atau mengeluarkan pemasangan aplikasi yang sudah tidak lagi atau jarang digunakan di iPhone. Saat fitur ini aktif, sistem operasi bakal mendeteksi intensitas pemakaian aplikasi.

Dari pendeteksian itu, sistem operasi akan mengelompokkan beberapa aplikasi di iPhone yang jarang atau sudah tidak pernah dipakai lagi oleh pengguna. Selanjutnya, aplikasi tersebut bakal dihapus atau dilepas pemasangannya dari iPhone secara otomatis.

Penghapusan otomatis itu bakal berjalan saat memori iPhone hampir penuh. Lewat Offload Unused Apps iPhone, Anda jadi tak perlu repot untuk memilih satu per satu aplikasi mana saja yang sudah tidak dipakai dan menghapusnya secara manual.

Aplikasi yang tidak dipakai atau kurang penting kadang bisa memenuhi memori iPhone. Dengan demikian, apabila fitur Offload Unused Apps diaktifkan, secara tidak langsung Anda juga bisa menghemat memori iPhone.

Perlu diketahui, fitur ini berbeda dengan Remove App (menghapus aplikasi). Remove App beroperasi dengan menghapus file aplikasi sekaligus semua data yang ada di dalamnya.

Sementara Offload Unused Apps, hanya menghapus file aplikasi dari memori iPhone, sedangkan datanya bakal tetap tersimpan. Jadi, saat aplikasi yang dihapus lewat Offload Unused Apps diinstal lagi, datanya tetap bisa dipulihkan kembali.

Bila tertarik ingin menggunakan Offload Unused Apps untuk membantu menghemat memori iPhone, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara menggunakan Offload Unused Apps di iPhone

  • Di layar “home” iPhone, klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu “Settings”.
  • Setelah itu, gulir ke bawah dan pilih opsi “App Store”.
  • Kemudian, aktifkan opsi “Keluarkan Tak Terpakai” atau “Offload Unused Apps”.
  • Bila memori iPhone hampir penuh, fitur ini bakal membantu mengosongkannya dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai secara otomatis.

ilustrasi cara menggunakan Offload Unused Apps di iPhoneKOMPAS.com/Zulfikar ilustrasi cara menggunakan Offload Unused Apps di iPhone

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.