Tampang Prototipe Pertama iPhone 15 Tahun Lalu, "Berantakan" dan Pakai Software iPod

Kompas.com - 01/07/2022, 14:05 WIB

KOMPAS.com - Apple memperkenalkan iPhone untuk pertama kalinya pada 29 Juni 2007. Sebelum diperkenalkan dan dijual, Apple juga membuat prototipe alias purwarupa dari ponsel tersebut.

Dalam sebuah video, YouTuber pengulas gadget, Luke Miani, memperlihatkan bagaimana bentuk prototipe iPhone sebelum pertama kali diperkenalkan.

Ia mengatakan bahwa prototipe yang diluncurkan masih sangat cukup berantakan dibandingkan versi final produk yang diluncurkan 15 tahun lalu itu. Sebab, prototipe tersebut masih dibuat dari bahan yang ringkih.

Secara keseluruhan, prototipe tersebut memiliki bentuk fisik yang serupa dengan iPhone pertama yang kemudian diluncurkan.

Namun, terdapat perbedaan bobot antara prototipe dengan iPhone generasi pertama yang resmi diperkenalkan dan dijual.

Baca juga: 10 Bulan Tenggelam di Sungai, iPhone Masih Bisa Menyala dan Berfungsi

Protipe pertama masih menggunakan layar berbahan plastik, sebelum akhirnya diganti ke layar kaca. Perubahan ini dilakukan karena Steve Jobs tidak ingin layar tersebut tergores saat disimpan di saku atau kantong celana.

Tidak hanya layar, keseluruhan prototipe tersebut juga masih menggunakan bahan plastik.

Hal ini diketahui oleh Luke karena ia menimbang kedua perangkat untuk mengetahui perbedaan bobot yang dimiliki.

Ditemukan bahwa iPhone yang dijual memiliki bobot 143 gram, sedangkan prototipe tersebut memiliki bobot lebih ringan, yaitu 139 gram.

Perbedaan selanjutnya terdapat di bagian punggung ponsel. Prototipe tersebut belum memiliki logo bertuliskan “iPhone” serta informasi kapasitas penyimpanan internal yang biasa ditemukan di bagian belakang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.