Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy XCover6 Pro Resmi Dirilis, Ponsel 5G Tangguh Terbaru dari Samsung

Kompas.com - 30/06/2022, 12:50 WIB
Lely Maulida,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah berbagai bocoran mencuat di internet, Samsung akhirnya resmi meluncurkan Galaxy XCover 6 Pro. Smartphone yang didesain tangguh ini memulai debutnya di Jerman dan akan tersedia di beberapa negara lainnya.

Tak hanya tangguh dari aspek fisiknya, smartphone ini juga diklaim menawarkan performa yang andal melalui Snapdragon 778G dan RAM 6 GB.

"Kami menciptakan seri Galaxy XCover Pro untuk mengakomodasi perangkat mobile yang cukup kuat menghadapi kerasnya bisnis di garda depan bagi perusahaan," kata KC Choi, EVP and Head of Global Mobile B2B Team, MX Business, Samsung Electronics, dikutip KompasTekno dari Samsung Newsroom, Kamis (30/6/2022).

Samsung menyematkan sejumlah fitur dan kemampuan di Galaxy XCover 6 Pro yang dapat membantu pengguna bekerja atau beraktivitas di luar ruangan, khususnya kondisi ekstrem. Mulai dari sertifikasi MIL-STD-810H8 untuk ketahanan di berbagai kondisi, IP68, hingga baterai yang bisa dilepas-pasang.

Smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan dukungan konektivitas 5G. Selain itu, Galaxy XCover6 Pro juga mendukung fitur Samsung DeX, untuk menghubungkan ponsel ke komputer atau laptop, yang berguna bagi pekerja di perusahaan.

Baca juga: Samsung Didenda Rp 207 Miliar gara-gara Iklan Fitur Tahan Air

Spesifikasi Samsung Galaxy XCover6 Pro

Galaxy XCover6 Pro menggunakan layar 6,6 inci dengan resolusi Full HD dengan refresh rate hingga 120 Hz.

Samsung menyematkan fitur Touch Sensitivity yang mampu meningkatkan sensitivitas layar saat disentuh, meskipun pengguna menggunakan sarung tangan atau saat kondisi hujan.

Berbeda dengan XCover seri lainnya seperti XCover5, desain punggung Galaxy XCover6 Pro tampak seperti smartphone pada umumnya dengan sudut diagonal tanpa siku.

Baca juga: Gadget Tangguh Samsung Galaxy XCover 5 dan Tab Active3 Resmi di Indonesia

Meski demikian, hal ini tak mengubah konsep XCover6 Pro sebagai smartphone yang tangguh. Sebab, Samsung membekalinya dengan sertifikasi MIL-STD-810H8, IP68 untuk ketahanan dari air dan debu, hingga pelindung layar Corning Gorilla Glass Victus+.

Seperti diketahui, sertifikasi MIL-STD-810H menunjukkan bahwa XCover6 Prololos uji ketangguhan lingkungan kerja yang ekstrem, dan tahan benturan hingga ketinggian 1,5 meter.

Samsung Galaxy XCover6 ProSamsung Samsung Galaxy XCover6 Pro

Sejumlah sertifikasi itulah yang menjamin Galaxy XCover6 Pro tahan terhadap cuaca ekstrem, tahan jatuh, dan risiko lainnya yang mungkin timbul saat perangkat digunakan untuk bekerja di luar ruangan (outdoor).

Beralih ke aspek dapur pacu, smartphone ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 778G yang didesain dengan arsitektur 6 nm. Chip ini memiliki CPU delapan inti (octa-core) dengan clock-speed hingga 2,4 GHz dan GPU Adreno 642L.

Chip itu dikombinasikan dengan RAM 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Galaxy XCover6 Pro juga mendukung penggunaan kartu microSD untuk memperluas penyimpanannya hingga kapasitas 1 TB.

Untuk daya tahannya, smartphone ini dibekali baterai berkapasitas 4.050 mAh yang dapat dilepas pasang. Adapun pengisian ulangnya dapat dilakukan menggunakan USB tipe-C.

Baca juga: Cara Cek Baterai Health di HP Samsung

Samsung menjanjikan pembaruan keamanan hingga lima tahun dan pembaruan antarmuka (UI) OneUI sampai empat tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com