Aplikasi Pindah Data iPhone ke Android Kini Bisa untuk Semua HP Android 12

Kompas.com - 02/07/2022, 14:01 WIB

KOMPAS.com - Pada April lalu, Google diam-diam meluncurkan "Switch to Android", aplikasi yang dapat memudahkan pengguna iPhone (iOS) memindahkan data ke ponsel berbasis sistem operasi (OS) Android.

Awalnya, aplikasi "Switch to Android" ini hanya bisa digunakan untuk memindahkan data dari iPhone ke ponsel Android bikinan Google sendiri, yaitu Pixel.

Namun, dengan pembaruan yang digelontorkan Google pada Juni 2022 ini, aplikasi "Switch to Android" kini bisa digunakan pengguna iPhone untuk memindahkan datanya ke seluruh ponsel Android yang menjalankan OS Android 12.

Artinya, data dari iPhone sekarang tidak hanya bisa dipindahkan ke ponsel Pixel saja, melainkan juga ke merek ponsel lainnya yang menjalankan Android 12.

Baca juga: Cara Transfer Isi Percakapan WhatsApp dari iPhone ke Android

Pindahkan kontak hingga foto dan video

Dengan aplikasi Switch to Android, pemilik iPhone bisa dengan mudah memindahkan data seperti kontak, kalender, foto, dan video ke ponsel Android barunya secara nirkabel.

"Aplikasi Beralih ke Android dari Google membantu Anda dengan cepat dan aman memindahkan jenis data terpenting Anda – foto, video, kontak, dan acara kalender — ke perangkat Android baru tanpa kabel yang merepotkan," tulis deskripsi aplikasi Switch to Android di App Store.

Tak hanya itu, GSMArena melaporkan, pengguna iPhone juga bisa memindahkan data lainnya ke ponsel Android 12 barunya. Mulai dari SMS, MMS, teks serta media iMessage, log panggilan, alarm, pengaturan perangkat, dan musik non-iTunes bebas DRM (Digital Right Management) yang mungkin dimiliki.

Pemilik iPhone juga bisa memindahkan aplikasi di iPhone secara langsung ke ponsel Android barunya. Asalkan, aplikasi yang dipindahkan itu gratis di App Store dan tersedia di Google Play Store pula, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Sabtu (2/7/2022).

Dengan begitu, pengguna tidak perlu repot-repot menginstal ulang aplikasi.

Baca juga: Cara Transfer Chat WhatsApp dari HP Android ke iPhone

Sudah bisa diinstal di Indonesia 

Sejak April lalu, pengguna iPhone di Indonesia juga sudah bisa menginstal aplikasi "Switch to Android" melalui tautan URL yang spesifik berikut ini.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.