Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Pindah Data iPhone ke Android Kini Bisa untuk Semua HP Android 12

Kompas.com - 02/07/2022, 14:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Pada April lalu, Google diam-diam meluncurkan "Switch to Android", aplikasi yang dapat memudahkan pengguna iPhone (iOS) memindahkan data ke ponsel berbasis sistem operasi (OS) Android.

Awalnya, aplikasi "Switch to Android" ini hanya bisa digunakan untuk memindahkan data dari iPhone ke ponsel Android bikinan Google sendiri, yaitu Pixel.

Namun, dengan pembaruan yang digelontorkan Google pada Juni 2022 ini, aplikasi "Switch to Android" kini bisa digunakan pengguna iPhone untuk memindahkan datanya ke seluruh ponsel Android yang menjalankan OS Android 12.

Artinya, data dari iPhone sekarang tidak hanya bisa dipindahkan ke ponsel Pixel saja, melainkan juga ke merek ponsel lainnya yang menjalankan Android 12.

Baca juga: Cara Transfer Isi Percakapan WhatsApp dari iPhone ke Android

Pindahkan kontak hingga foto dan video

Dengan aplikasi Switch to Android, pemilik iPhone bisa dengan mudah memindahkan data seperti kontak, kalender, foto, dan video ke ponsel Android barunya secara nirkabel.

"Aplikasi Beralih ke Android dari Google membantu Anda dengan cepat dan aman memindahkan jenis data terpenting Anda – foto, video, kontak, dan acara kalender — ke perangkat Android baru tanpa kabel yang merepotkan," tulis deskripsi aplikasi Switch to Android di App Store.

Tak hanya itu, GSMArena melaporkan, pengguna iPhone juga bisa memindahkan data lainnya ke ponsel Android 12 barunya. Mulai dari SMS, MMS, teks serta media iMessage, log panggilan, alarm, pengaturan perangkat, dan musik non-iTunes bebas DRM (Digital Right Management) yang mungkin dimiliki.

Pemilik iPhone juga bisa memindahkan aplikasi di iPhone secara langsung ke ponsel Android barunya. Asalkan, aplikasi yang dipindahkan itu gratis di App Store dan tersedia di Google Play Store pula, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Sabtu (2/7/2022).

Dengan begitu, pengguna tidak perlu repot-repot menginstal ulang aplikasi.

Baca juga: Cara Transfer Chat WhatsApp dari HP Android ke iPhone

Sudah bisa diinstal di Indonesia 

Sejak April lalu, pengguna iPhone di Indonesia juga sudah bisa menginstal aplikasi "Switch to Android" melalui tautan URL yang spesifik berikut ini.

Setelah diunduh, aplikasi akan meminta serangkaian izin sehingga data iPhone pengguna dapat dipindahkan ke perangkat Android baru pengguna.

Ilustrasi aplikasi Switch to Android di Apple App Store.Ist Ilustrasi aplikasi Switch to Android di Apple App Store.
Selanjutnya, pengguna iPhone tinggal memindai kode QR yang ada di perangkat Android barunya. Setelah itu, pengguna tinggal mengikuti langkah-langkahnya.

Mulai dari memilih data apa saja yang akan dipindahkan dari iPhone ke Android. Pilihannya ada kontak, kalender, foto, dan video.

Lalu, pengguna nantinya juga akan diminta untuk menonaktifkan aplikasi perpesanan instan bawaan iPhone, iMessage.

Sebelum-sebelumnya, bila ingin berpindah ke perangkat Android, pengguna iPhone harus mengunduh aplikasi migrasi dari pihak ketiga. Atau secara manual melakukan pencadangan (backup) data iPhone ke Google Drive, lalu diunduh secara manual di ponsel Android yang baru.

Nah, dengan adanya aplikasi "Switch to Android", pengguna tak perlu lagi mengunduh aplikasi pihak ketiga atau mengunduh data dari Google Drive.

Google sendiri terbilang terlambat menghadirkan aplikasi migrasi data dari iPhone ke Android. Pasalnya, Apple yang merupakan pengembang OS iOS sudah lama menghadirkan aplikasi serupa, yaitu Move to iOS.

Aplikasi migrasi dari ponsel Android ke iOS itu sudah ada di Google Play Store sejak September 2015, atau kurang lebih enam tahun lalu.

Baca juga: Saat Apple Gagal Rayu Pengguna Android Hijrah ke iPhone lewat iOS 16...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com