Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Indonesia Lebih Andalkan Mobile Banking dan E-Wallet untuk Transaksi Online

Kompas.com - 06/07/2022, 20:05 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Populix

KOMPAS.com - Perusahaan riset Populix merilis laporan baru terkait aplikasi finansial yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Berdasarkan laporan berjudul "Consumer Preference Towards Banking and e-Wallet Apps" edisi Juli 2022 itu, aplikasi mobile banking dan dompet digital (e-wallet), menjadi aplikasi keuangan yang paling banyak dipakai pengguna di Tanah Air.

Riset ini melibatkan 1.000 responden. Dari total responden, 64 persen di antaranya atau sekitar 637 responden memakai aplikasi finansial, seperti mobile banking, e-wallet, dan digital banking.

Lebih rinci, 91 persen dari 673 responden itu memiliki aplikasi mobile banking dan 84 persen memiliki e-wallet. Lalu, sebanyak 33 persen di antaranya menyatakan mereka memiliki aplikasi digital banking.

Baca juga: Cara Daftar dan Aktivasi m-Banking BRI Lewat HP

Populix melaporkan bahwa setidaknya responden menggunakan aplikasi keuangan sekali dalam seminggu.

Aplikasi perbankan digital dan dompet digital kini telah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari. Hal tersebut terlihat dari lebih dari 80 persen responden yang menggunakan mobile banking, digital banking, dan e-wallet setidaknya satu kali dalam seminggu," kata Timothy Astandu, Co-Founder & CEO, Populix, dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (6/7/2022).

Mobile banking

Berdasarkan laporan Populix, sebanyak 91 persen atau 578 dari 673 responden menggunakan aplikasi mobile banking.

Terdapat beberapa alasan mengapa mereka memakai aplikasi mobile banking. Tiga alasan utama yang mereka sebutkan yaitu aplikasi mobile banking dinilai praktis dan tidak rumit. Kedua, aplikasi ini dinilai dapat menghemat waktu dan ketiga, mudah digunakan.

Dilihat dari frekuensinya, sebanyak 25 persen responden berkata mereka memakai aplikasi mobile banking rata-rata 2-3 kali dalam seminggu, lalu 16 persen responden lainnya menyatakan memakai mobile banking hingga 4-5 kali seminggu.

Baca juga: Cara Isi Pulsa Berbagai Operator lewat M-Banking BCA dengan Mudah

Selain untuk memantau keuangan dalam rekening, responden juga memanfaatkan mobile banking untuk isi ulang dompet marketplace dan e-wallet serta transfer uang ke rekening lainnya.

Adapun lima aplikasi mobile banking yang paling banyak di pakai oleh responden antara lain BCA (60 persen), BRI Mobile (26 persen), Livin by Mandiri (25 persen), BNI Mobile Banking (23 persen), dan BSI Mobile (9 persen).

Ke depannya Populix memprediksi bahwa pengguna akan lebih sering memakai aplikasi mobile banking untuk memproses beragam transaksi. Hal ini didasarkan dari mayoritas tanggapan responden, dengan 59 persen pengguna mobile banking dalam survei ini berkata akan menggunakan aplikasi itu lebih sering di waktu mendatang.

Baca juga: Cara Daftar M-Banking BRI dari HP, Tak Perlu Datang ke Bank

E-wallet

E-wallet menempati posisi kedua sebagai aplikasi keuangan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan survei Populix, aplikasi ini digunakan oleh 538 responden atau sekitar 84 persen dari total pengguna aplikasi finansial dalam survei ini.

Hampir serupa dengan mobile banking, mayoritas responden (24 persen) memakai aplikasi e-wallet rata-rata 2-3 kali seminggu. Lalu, 20 persen responden lainnya menyatakan memakai aplikasi ini setiap hari.

Tampilan muka aplikasi GoPay. DOK. Gojek. Tampilan muka aplikasi GoPay.

Alasannya tak lain karena aplikasi e-wallet dinilai praktis. Selain itu, integrasi e-wallet dengan aplikasi e-commerce juga menjadi alasan lain responden memakai dompet digital.

Dari sejumlah aplikasi e-wallet di Indonesia, lima e-wallet yang paling banyak digunakan oleh responden dalam survei Populix ini antara lain Gopay (88 persen), Dana (83 persen), Ovo (79 persen), ShopeePay (76 persen), dan LinkAja (30 persen).

Baca juga: Cara Top Up GoPay dengan Mobile Banking BCA

Halaman:
Sumber Populix
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com