Orang Indonesia Lebih Andalkan Mobile Banking dan E-Wallet untuk Transaksi Online

Kompas.com - 06/07/2022, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan riset Populix merilis laporan baru terkait aplikasi finansial yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Berdasarkan laporan berjudul "Consumer Preference Towards Banking and e-Wallet Apps" edisi Juli 2022 itu, aplikasi mobile banking dan dompet digital (e-wallet), menjadi aplikasi keuangan yang paling banyak dipakai pengguna di Tanah Air.

Riset ini melibatkan 1.000 responden. Dari total responden, 64 persen di antaranya atau sekitar 637 responden memakai aplikasi finansial, seperti mobile banking, e-wallet, dan digital banking.

Lebih rinci, 91 persen dari 673 responden itu memiliki aplikasi mobile banking dan 84 persen memiliki e-wallet. Lalu, sebanyak 33 persen di antaranya menyatakan mereka memiliki aplikasi digital banking.

Baca juga: Cara Daftar dan Aktivasi m-Banking BRI Lewat HP

Populix melaporkan bahwa setidaknya responden menggunakan aplikasi keuangan sekali dalam seminggu.

Aplikasi perbankan digital dan dompet digital kini telah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari. Hal tersebut terlihat dari lebih dari 80 persen responden yang menggunakan mobile banking, digital banking, dan e-wallet setidaknya satu kali dalam seminggu," kata Timothy Astandu, Co-Founder & CEO, Populix, dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (6/7/2022).

Mobile banking

Berdasarkan laporan Populix, sebanyak 91 persen atau 578 dari 673 responden menggunakan aplikasi mobile banking.

Terdapat beberapa alasan mengapa mereka memakai aplikasi mobile banking. Tiga alasan utama yang mereka sebutkan yaitu aplikasi mobile banking dinilai praktis dan tidak rumit. Kedua, aplikasi ini dinilai dapat menghemat waktu dan ketiga, mudah digunakan.

Dilihat dari frekuensinya, sebanyak 25 persen responden berkata mereka memakai aplikasi mobile banking rata-rata 2-3 kali dalam seminggu, lalu 16 persen responden lainnya menyatakan memakai mobile banking hingga 4-5 kali seminggu.

Baca juga: Cara Isi Pulsa Berbagai Operator lewat M-Banking BCA dengan Mudah

Selain untuk memantau keuangan dalam rekening, responden juga memanfaatkan mobile banking untuk isi ulang dompet marketplace dan e-wallet serta transfer uang ke rekening lainnya.

Adapun lima aplikasi mobile banking yang paling banyak di pakai oleh responden antara lain BCA (60 persen), BRI Mobile (26 persen), Livin by Mandiri (25 persen), BNI Mobile Banking (23 persen), dan BSI Mobile (9 persen).

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Populix
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.