Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link dan Cara Daftar Upacara 17 Agustus 2022 di Istana Merdeka

Kompas.com - Diperbarui 16/08/2022, 07:46 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Momen perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya.

Berbeda dari perayaan dua tahun terakhir, upacara 17 Agustus peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI di Istana Merdeka tahun ini akan dirayakan secara hybrid, yaitu secara offline dan online (virtual).

Masyarakat dari Sabang hingga Merauke diundang untuk menghadiri dan ikut serta menyemarakkan upacara hari ulang tahun Republik Indonesia di Istana Merdeka, baik secara fisik maupun virtual.

Baca juga: Upacara 17 Agustus Virtual Pertama dan PR Besar Internet Indonesia

Dikutip KompasTekno dari laman Sekretariat Kabinet, Rabu (3/8/2022), Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya membuka 77.000 undangan bagi masyarakat untuk mengikuti upacara secara virtual.

Apabila tertarik ingin mengikuti, masyarakat bisa mendaftarkan diri sebagai peserta upacara melalui situs pandang.istanapresiden.go.id.

Sesi pendaftaran telah dibuka mulai Selasa (2/8/2022). Setelah mengisi formulir pendaftaran, peserta akan mendapatkan pesan yang dikirimkan melalui WhatsApp dan e-mail, yang berisi ketentuan mengikuti upacara  melalui konferensi video.

Masyarakat yang ingin mengikuti upacara secara fisik (offline) di Istana Merdeka juga bisa mendaftar di link yang sama untuk mendapatkan undangan.

Sayangnya, berdasarkan pantauan KompasTekno, Selasa (16/8/2022), pendaftaran upacara 17 Agustus secara fisik telah ditutup karena kuota telag terpenuhi. Namun, masyarakat masih bisa mendaftar untuk mengikuti upacara secara virtual.

Setkab hanya menyiapkan 2.500 undangan upacara fisik pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-77 Republik Indonesia (pagi hari) dan 2.500 undangan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di sore hari.

Baca juga: Ini Kamera 360 Derajat yang Siarkan Upacara HUT Ke-71 RI

Setelah mendaftarkan diri di link yang disediakan, mereka juga akan menerima pesan WhatsApp dan e-mail yang berisi informasi detail pengambilan undangan fisik.

"Mari bergabung bersama kami dalam memperingati detik-detik proklamasi yang ke-77 di pandang.istanapresiden.go.id," jelas Heru.

Jumlah undangan upacara virtual tahun ini juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah sekitar 40.000 undangan.

Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden, M. Yusuf Permana, menjelaskan bahwa penambahan undangan itu dilatarbelakangi oleh tingginya animo masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi dalam upacara HUT kemerdekaan RI.

“Animo masyarakat untuk hadir dan ikut menyemarakkan hari ulang tahun Republik Indonesia sangat tinggi," kata Yusuf.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Indonesia Hati-hati Hadapi Era 5G

"Bukan hanya masyarakat di Jakarta, masyarakat di daerah, masyarakat dari Sabang sampai Merauke, bahkan masyarakat diaspora yang tinggal di luar negeri juga ingin sekali hadir di upacara virtual dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan,” lanjutnya.

Sekretariat Presiden juga menjanjikan beragam hadiah bagi 100 orang pertama yang bergabung pada upacara virtual Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-77.

Ada juga hadiah bagi 100 orang pertama yang bergabung secara fisik pada Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com