Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi WhatsApp Khusus untuk Laptop Windows Resmi Meluncur

Kompas.com - 18/08/2022, 07:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini, pengguna WhatsApp menggunakan WhatsApp Web (via browser) atau WhatsApp versi dektop (berbasis web).

Kedua versi WhatsApp itu sama-sama mendukung fitur multi-perangkat yang lebih mulus dari sebelumnya, di mana pengguna bisa mengakses WhatsApp di PC tanpa harus selalu terhubung ke smartphone yang digunakan untuk login (masuk) akun.

Kini, platform di bawah naungan Meta itu meluncurkan aplikasi WhatsApp native yang khusus ditujukan untuk laptop berbasis sistem operasi Windows. Lantas apa bedanya dengan aplikasi WhatsApp Web atau WhatsApp desktop versi lama?

Baca juga: WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka, Ini 5 Cara Mengatasinya

Sebetulnya, secara tampilan, aplikasiWhatsApp khusus Windows terbaru dengan versi lama tidak jauh berbeda. Hanya saja, karena sifatnya native atau bawaan, WhatsApp versi anyar ini tidak akan menggunakan basis web lama di sistem backend.

Sehingga aplikasi native WhatsApp bisa berjalan lebih optimal di laptop berbasis Windows.
Dirangkum KompasTekno dari laman resmi WhatsApp, aplikasi native WhatsApp ini akan memiliki beberapa keunggulan.

Pertama adalah reliabilitas atau fungsi aplikasi yang bisa berjalan lebih mulus dan cepat dibanding sebelumnya. Melansir GSM Arena, aplikasi WhatsApp native untuk Windows ini juga akan membutuhkan lebih sedikit sumber daya, sehingga bisa berjalan lebih cepat dari versi lama.

Kedua, aplikasi WhatsApp desktop terbaru ini juga dirancang agar lebih optimal berjalan di laptop Windows. Terakhir, pengguna akan tetap menerima notifikasi, baik panggilan maupun pesan, bahkan ketika ponsel sedang tidak aktif (offline).

Baca juga: 3 Fitur Baru WhatsApp yang Meluncur Agustus Ini

Pakai teknologi baru

Untuk diketahui, aplikasi Whatsapp versi lama menggunakan teknologi Electron (berbasis web). Nah, versi Whatsapp desktop baru ini kemungkinan menggunakan teknologi Universal Windows Platform (UWP), sebagaimana aplikasi khusus laptop Windows yang mulai diuji coba secara beta tahun lalu.

UWP merupakan teknologi Microsoft yang memungkinkan para pengembang aplikasi membuat aplikasi yang dapat dipakai di perangkat yang berbeda-beda, seperti smartphone, laptop/PC, dan tablet.

Adanya UWP ini juga memungkinkan pengembang hanya perlu menautkan satu kode program saja untuk membuat aplikasi bisa berjalan di perangkat yang berbeda. Pengguna tidak lagi harus menautkan tiga kode program untuk masing-masing aplikasi.

Baca juga: Aplikasi WhatsApp Beta untuk PC Windows Sudah Bisa Di-download

Cara mengunduh aplikasi WhatsApp versi dekstop Windows terbaru

Meskipun bersifat native, pengguna tetap membutuhkan smartphone untuk login ke WhatsApp khusus PC Windows baru ini. Setelah login berhasil, perangkat akan tertaut dan pengguna bisa menerima maupun mengirim pesan atau panggilan yang tetap dilindungi sistem keamanan enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption).

Masih sama seperti versi lama, pengguna bisa menautkan satu akun ke maksimal empat perangkat secara bersamaan, saat smartphone offline. Apabila smartphone offline selama 14 hari, maka akun WhatsApp di dekstop akan logout (keluar) otomatis.

Aplikasi WhatsApp khusus laptop Windows sudah bisa diunduh pengguna PC Windows di tautan berikut. Setelah aplikasi terinstal sempurna, ikuti langkah ini:

  • Buka WhatsApp di telepon
  • Ketuk ikon titik tiga vertikal di pojok kanan atas, di ponsel Android atau iPhone
  • Ketuk menu "Perangkat Tertaut"
  • Arahkan kamera telepon ke kode QR yang ditampilkan di aplikasi WhatsApp Desktop Anda.
  • Tunggu hingga akun WhatsApp login di dekstop.

Baca juga: Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Sembunyikan Nomor Telepon di Grup?

Aplikasi WhatsApp khusus laptop Mac kabarnya sedang diuji coba dalam versi beta secara tertutup. Konon, aplikasi ini akan segera hadir sebagai MacOS "Universal App".

Artinya, aplikasi tersebut akan dirancang dengan basis versi iPhone dan akan berjalan secara native di laptop Mac, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (18/8/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com