Samsung Ungkap Kecanggihan Teknologi "Sleep Tracking" di Galaxy Watch 5 Series

Kompas.com - 19/08/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan smartwatch Galaxy Watch 5 series dalam gelaran "Galaxy Unpacked" yang dihelat 10 Agustus lalu. Perangkat yang dapat dikenakan atau disebut wearable device ini dirilis bersamaan dengan Galaxy Z Fold 4, Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Buds 2 Pro.

Galaxy Watch 5 series sendiri terdiri dari dua model, maliputi Galaxy Watch 5 "reguler" dan Galaxy Watch 5 Pro. Kedua perangkat ini menawarkan sejumlah fitur pelacak kesehatan, termasuk fitur pelacak tidur atau sleep tracking yang ditingkatkan dari versi sebelumnya.

Executive Vice President Samsung Electronics, Yang Tae-jong, yang sekaligus berperan sebagai Kepala Penelitian dan Pengembangan Kesehatan pada divisi mobile Samsung mengeklaim bahwa Galaxy Watch 5 series menggunakan teknologi sleep tracking paling canggih di dunia.

Baca juga: Samsung Galaxy Watch 5 dan Watch 5 Pro Resmi Meluncur, Ini Harganya

Teknologi yang dimaksud yaitu sensor Bioactive yang membuat Galaxy Watch 5 bisa membantu menjaga kebiasaan dan pola tidur pengguna jadi lebih sehat.

Tekologi ini menggabungkan sejumlah sensor kesehatan khusus agar menghasilkan data kesehatan yang akurat serta insight terkait kebugaran pengguna.

Tae-jong menjelaskan bahwa Samsung mengembangkan teknologi itu dalam waktu yang lama. Oleh karena itu Galaxy Watch 5 mampu memantau berbagai tahap tidur, mendeteksi dengkuran, mengukur kadar oksigen dalam darah untuk menentukan kualitas tidur, dan mengubahnya dalam bentuk skor.

Bekerja sama dengan Samsung Medical Center, Galaxy Watch 5 juga menawarkan program khusus secara gratis, yaitu pelatihan tidur agar kualitas tidur pengguna lebih baik dan lebih sehat.

Baca juga: Samsung Galaxy Watch 5 dan Watch 5 Pro Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Ini Harganya

Tae-jong juga mengeklaim perusahaannya berkerja sama dengan National Sleep Foundation AS serta laboratorium di San Diego dan San Francisco untuk meneliti teknologi tidur. Dalam praktiknya, kerja sama ini juga memanfaatkan data yang relevan untuk uji klinis.

Teknologi lainnya yang mendukung fitur sleep tracking pada Galaxy Watch 5 series yaitu sensor suhu yang baru. Teknologi ini melibatkan inframerah untuk pelacakan yang lebih akurat, khususnya dalam mengukur kualitas tidur pengguna.

Selain sejumlah fitur di atas, Galaxy Watch 5 series juga memiliki fitur analisis Biometric yang ditingkatkan dibanding pendahulunya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (19/8/2022).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.