Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Terpaksa Alihkan Produksi iPhone 14 ke India?

Kompas.com - 24/08/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Selama ini, Apple lebih banyak mengandalkan China untuk merakit iPhone terbaru. Belakangan, beredar kabar bahwa Apple memperluas lini produksi iPhone terbaru ke luar China, yakni India.

Kabarnya, perusahaan asal Cupertino, AS ini sudah memulai produksi iPhone 14 yang disebut-sebut akan meluncur bulan depan. Jika kabar ini akurat, maka iPhone 14 series nantinya akan diproduksi di dua tempat yaitu di China dan India.

Menurut laporan Bloomberg, Apple telah bekerja sama dengan pemasok komponen untuk meningkatkan produksi di India. Kerja sama tersebut juga bertujuan agar produksi iPhone baru bisa dilakukan lebih cepat, hanya 6 - 9 bulan sebelum produk diluncurkan.

Baca juga: iPhone Buatan India Mulai Diproduksi

Selain itu, upaya ini konon ditempuh Apple guna mencari alternatif produksi iPhone di tengah ketegangan antara AS dengan China. Apalagi, hubungan politik yang menghangat antara China-Taiwan, juga disebut bisa mengancam produksi iPhone.

Selama ini iPhone diproduksi oleh Foxconn, mitra manufaktur Apple di China. Adapun di India, diproduksi oleh manufaktur di bawah naungan Foxconn yaitu Wistron.

Tantangan Apple produksi iPhone di India

Menurut sumber, Foxconn sedang mempelajari proses pengiriman komponen dari China serta perakitan iPhone 14 di pabriknya yang berlokasi di luar kota Chennai, India Selatan. Selain itu, Foxconn juga mempelajari cara mempertahankan standar kerahasiaan Apple yang ketat.

Sebab, salah satu tantangan produksi di India adalah soal kerahasiaan perusahaan. Apple sendiri berupaya keras menjaga kerahasiaan detail produk baru dan menerapkan kontrol ketat di China maupun India, meskipun nyatanya cukup sulit dilakukan.

Baca juga: Produksi iPhone 14 Disebut Aman dari Gejolak Konflik China-Taiwan

Menurut sumber internal, eksekutif manufaktur India memeriksa seluruh bagian dari salah satu jalur perakitan Foxconn, mengasingkan karyawan selama proses pemeriksaan hingga meneliti semua cara yang mungkin agar kerahasiaan tetap terjaga.

Meski demikian, kontrol yang ketat seperti di China, menurut orang dalam akan sulit diterapkan di India. Apalagi pejabat bea cukai India biasanya membuka paket guna memeriksa apakah bahan impor sesuai dengan penjelasan perusahaan.

iPhone 14 made in India ditargetkan Oktober

Beberapa orang di Apple dan Foxconn berharap memulai produksi yang bersamaan dengan China di India tahun ini. Sayangnya keinginan tersebut tak pernah terwujud.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.