Kompas.com - 25/08/2022, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Pertengahan Agustus lalu, Oppo Reno 8 5G resmi diluncurkan di Indonesia. Ponsel ini merupakan suksesor dari Oppo Reno 7 5G yang dirilis di Tanah Air pada Maret 2022.

Sebagai penerus, Oppo Reno 8 5G dibekali dengan peningkatan di sejumlah aspek. Bagian daya, misalnya. Kini, Reno 8 5G dibekali baterai 4.500 dengan dukungan pengisian cepat (fast charging) SuperVOOC yang lebih ngebut, yakni 80 watt.

Teknologi fast charging tersebut disebut dapat mengisi daya hingga 50 persen dalam waktu 11 menit atau mengisi penuh 100 persen dalam 28 menit.

Sebagai perbandingan, fitur fast charging Oppo Reno 7 5G hanya mentok di SuperVOOC 65 watt.

Baca juga: Beda Spesifikasi Oppo Reno 8 5G dan Reno 8 4G, Selisih Harga Rp 3 Juta

KompasTekno berkesempatan menjajal Oppo Reno 8 5G (8/256 GB) warna Shimmer Black versi ritel Indonesia. Seperti apa penampilan ponsel Reno 8 5G ini dan apa saja aksesori yang ada di dalam kemasan penjualannya?

Ikuti penelusuran singkatnya berikut ini.

Unboxing Oppo Reno 8 5G

Oppo Reno 8 5G masih datang dengan kotak kemasan khas Oppo Reno yang didominasi oleh warna hijau tosca. Di bagian depan sebelah kiri atas kemasan, terdapat angka "8" berukuran besar, menandakan seri ponsel di dalamnya.

Masih di kemasan bagian depan, terdapat nama "Oppo Reno8 5G" di bagian bawahnya.

Ketika dibuka, isi ponsel yang dibanderol seharga Rp 8 juta ini terbilang standar. Di dalam kotak terdapat satu unit ponsel, softcase, SIM card ejector tool, panduan penggunaan, serta kartu garansi.

Kotak kemasan Oppo Reno 8 5G sudah menyertakan adapter charger dengan logo SuperVOOC 80 watt, lengkap dengan kabel USB A to USB C.

Isi kotak kemasan Oppo Reno 8 5G versi ritel Indonesia, terdiri dari satu unit ponsel, adapter charger dengan logo SuperVOOC 80 watt, kabel data USB A to USB C, softcase, SIM card ejector tool, panduan penggunaan, sert kartu garansi.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Isi kotak kemasan Oppo Reno 8 5G versi ritel Indonesia, terdiri dari satu unit ponsel, adapter charger dengan logo SuperVOOC 80 watt, kabel data USB A to USB C, softcase, SIM card ejector tool, panduan penggunaan, sert kartu garansi.
Lebih segar dengan Oppo Glow

Dari segi tampang, Oppo Reno 8 5G kini hadir dengan desain lebih segar dibanding pendahulunya, terutama di bagian modul kamera (camera bump) belakang.

Kini, camera bump Oppo Reno 8 5G berukuran cukup besar dan agak sedikit menonjol dari bodi belakangnya. Modul itu menempel hingga sisi pojok atas dan kiri punggung ponsel. Modul kamera itu menampung dua lensa besar, satu lensa kecil, dan satu lampu LED flash.

Punggung Oppo Reno 8 5G memiliki finishing matte. Punggung ponsel ini juga menggunakan desain Oppo Glow Design, yang disebut bisa membuat cover belakang ponsel tak mudah pudar, terasa kesat, dan tak mudah ternoda sidik jari.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Punggung Oppo Reno 8 5G memiliki finishing matte. Punggung ponsel ini juga menggunakan desain Oppo Glow Design, yang disebut bisa membuat cover belakang ponsel tak mudah pudar, terasa kesat, dan tak mudah ternoda sidik jari.
Adapun ketiga kamera belakang tersebut terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8, Sony IMX766), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2, Sony IMX355), dan kamera makro 2 MP (f/2.4).

Bagian punggung Reno 8 5G juga masih menggunakan teknologi pelapisan (finishing) warna cangkang Oppo Glow Design.

Teknologi ini disebut bisa membuat cover belakang ponsel tak mudah pudar, terasa kesat, dan tak mudah ternoda sidik jari.

Kendati begitu, punggung Oppo Reno 8 5G masih kerap meninggalkan noda sidik jari yang bisa dihilangkan dengan mudah dengan dilap.

Ketika diusap, bagain belakang ponsel dengan finishing matte ini terasa halus dan masih cukup licin sehingga ponsel rawan terlepas dari genggaman tangan.

Untuk menyiasatinya, pengguna bisa melapisi ponsel ini dengan softcase bawaan.

Baca juga: 6 Fitur Unggulan Oppo Reno 8 5G yang Dibanderol Rp 8 Juta

Di samping itu, cangkang dengan teknologi Oppo Glow Design juga membuat bodi ponsel dapat berkilau dan berubah warna saat terkena cahaya.

Namun, perubahan warna hanya dapat dinikmati oleh pemilik ponsel Oppo Reno 8 5G varian warna Shimmer Gold saja.

Sedangkan pengguna Oppo Reno 8 5G varian Shimmer Black, seperti yang dijajal KompasTekno, tidak bisa berubah warna. Hanya saja, bila terkenca cahaya, punggung Reno 8 5G warna Shimmer Black masih terlihat berkilau.

Bingkai datar, nyaman digenggam

Oppo Reno 8 5G kini memiliki bingkai (frame) yang datar, tidak melengkung seperti Oppo Reno 7 5G.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Oppo Reno 8 5G kini memiliki bingkai (frame) yang datar, tidak melengkung seperti Oppo Reno 7 5G.
Selain tampang yang lebih segar, Oppo juga memilih membekali Oppo Reno 8 5G dengan bingkai datar (flat frame) yang ujung-ujungnya melengkung.

Di atas kertas, ponsel ini memiliki ketebalan 7,67 dengan bobot 178 gram. Perpaduan flat frame, ketebalan serta bobot tersebut, membuat Oppo Reno 8 5G terasa tipis, ringan, dan nyaman ketika digenggam.

Baca juga: 6 Fitur Baru ColorOS 12.1, Eksklusif di Oppo Reno 8 Series

Ponsel ini dibekali layar AMOLED yang cukup besar, yakni 6,4 inci. Layar itu beresolusi Full HD (2.400 × 1.080 piksel), touch sampling rate 180 Hz, serta dilindungi kaca Gorilla Glass 5.

Reno 8 5G sudah dibekali dengan opsi refresh rate standar (60 Hz) dan tinggi (90 Hz). Dengan refresh rate 90 Hz, menggulirkan timeline media sosial, menggeser layar, hingga berpindah aplikasi di atas antarmuka ColorOS 12.1 menjadi lebih mulus dan lancar. 

Namun, penggunaan ponsel dengan refresh rate yang tinggi juga bakal cepat menguras baterai. Alternatifnya, pengguna bisa mengatur refresh rate ke angka standar 60 Hz untuk lebih menghemat baterai. 

Oppo Reno 8 5G juga turut dilengkapi fitur Ultra Touch Response hingga 1.000 Hz yang hanya bisa berjalan ketika pengguna memainkan game PUBG Mobile & League of Legends Mobile.

Soal kecerahan layar, ponsel ini memiliki tingkat kecerahan (brightness) maksimum 800 nit. Menurut pengalaman KompasTekno, layar Reno 8 5G kurang nyaman ketika digunakan di luar ruangan dengan kondisi sinar matahari terik.

Oppo Reno 8 5G dibekali Layar AMOLED 6,4 inci yang sudah mendukung in-display fingerprint scanner. Layar tersebut beresolusi Full HD (2.400 × 1.080 piksel), refresh rate 90 Hz, touch sampling rate 180 Hz, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 800 nit, serta dilindungi kaca Gorilla Glass 5. KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Oppo Reno 8 5G dibekali Layar AMOLED 6,4 inci yang sudah mendukung in-display fingerprint scanner. Layar tersebut beresolusi Full HD (2.400 × 1.080 piksel), refresh rate 90 Hz, touch sampling rate 180 Hz, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 800 nit, serta dilindungi kaca Gorilla Glass 5.
Pasalnya, di bawah sinar matahari terik, layar AMOLED ponsel ini terlihat lebih redup, juga memantulkan cahaya matahari dan memberikan efek cermin seperti gambar di samping, meski sudah diatur ke tingkat kecerahan tertinggi.

Namun, bila digunakan di dalam ruangan, layar tablet ini sudah bisa menampilkan konten yang cukup tajam dan jernih.

Layar AMOLED Oppo Reno 8 5G juga sudah mendukung pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint scanner) untuk memudahkan buka kunci ponsel.

Di pojok kiri atas layar, terdapat sebuah punch hole yang menampung kamera selfie 32 MP (f/2.4, Sony IMX709).

Tak ada audio jack 3,5mm

Lanjut membahas tombol dan port. Kali ini, Oppo memilih menghilangkan colokan audio jack 3.5mm dari ponsel Reno 8 5G.

Konsekuensinya, mau tidak mau, pengguna yang terbiasa memakai headset berkabel harus membeli sendiri adapter headphone jack 3,5mm ke USB-C. Atau beralih menggunakan headset wireless.

Sebelumnya pada Oppo Reno 7 5G, colokan audio jack 3.5mm ditempatkan di sisi bawah bodi ponsel. Namun kini, sisi bawah bodi Reno 8 5G hanya memiliki port USB Type-C, sebuah grill speaker, dan laci kartu SIM.

Saat dijajal untuk mendengarkan musik di YouTube Music dan menonton film di Netflix, speaker ponsel ini sudah dapat mengeluarkan suara yang cukup kencang.

Hanya saja, karena hanya dibekali satu grill speaker di bagian bawah, pengguna tidak bisa menikmati efek surround sound (suara kitar) sebagaimana di ponsel dengan dual speaker di bagian atas-bawah.

Baca juga: Oppo ColorOS 13 Bikin Hemat Baterai Find X5 Pro

Untuk laci kartu SIM, kini Oppo Reno 8 5G hanya mendukung dual-SIM nano saja, tak ada slot microSD untuk mengekspansi penyimpanan internal.

Sisanya, penempatan tombol-tombol ponsel ini serupa dengan ponsel Oppo pada umumnya. Misalnya, tombol daya (power on/off) di sisi kanan dan tombol volume di sisi kiri.

Laci SIM Oppo Reno 8 5G hanya mendukung dual SIM berjenis nano. Tak ada slot microSD untuk memperluas penyimpanan internal. KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Laci SIM Oppo Reno 8 5G hanya mendukung dual SIM berjenis nano. Tak ada slot microSD untuk memperluas penyimpanan internal.
Spesifikasi Oppo Reno 8 5G

Di sektor hardware, Oppo Reno 8 5G ditenagai chipset MediaTek Dimensity 1300 (6nm), yang dipadukan dengan RAM 8 GB serta penyimpanan media 256 GB.

Bila dirasa kurang, ada fitur RAM Expansion untuk menambah kapasitas RAM hingga 5 GB. Jadi, total RAM yang bisa dinikmati pengguna mencapai 13 GB.

Nah, masih penasaran melihat wujud Oppo Reno 8 5G dari segala sisi? Foto-foto unboxing Oppo Reno 8 5G bisa dilihat di galeri foto di tautan berikut ini.

Spesifikasi dan harga Oppo Reno 8 5G di Indonesia selengkapnya dapat disimak melalui tabel di bawah ini.

Spesifikasi Oppo Reno 8 5G
Layar layar AMOLED 6,4 inci, resolusi Full HD (2.400 × 1.080 piksel), refresh rate 90 Hz, touch sampling rate 180 Hz, tingkat kecerahan (brightness) maksimum 800 nit, kerapatan piksel 409 ppi, serta dilindungi kaca Gorilla Glass 5
Dimensi dan bobot 160 x 73,4 x 7,67 mm
179 gram
Chipset MediaTek Dimensity 1300 (6nm)
CPU: Octa-core (1x3.0 GHz Cortex-A78 & 3x2.6 GHz Cortex-A78 & 4x2.0 GHz Cortex-A55)
GPU: Mali-G77 MC9
RAM/storage RAM: 8 GB (+ RAM Expansion 5GB)
Storage: 256 GB
Kamera belakang Kamera utama 50 MP (f/1.8) sensor Sony IMX766
Kamera ultrawide 8 MP (f/2.2) sensor Sony IMX355
Kamera makro 2 MP (f/2.4)
Kamera depan Kamera selfie 32 MP (f/2.4) sensor Sony IMX709
Mode pemotretan Kamera belakang: Foto, Potret, Malam, Panorama, Pro, Stiker, Dual-view video, Macro, Makro, Pemindai teks, Selang waktu (Time-lapse), Gerakan lambat (Slo-mo), Extra HD.
Kamera depan: Foto, Potret, Malam, Panorama, Stiker, Video, Dual-view video, Selang waktu.
Video Kamera belakang: mendukung 4K@30fps (maks), 1080P@60fps (default), 1080P@30fps, 720P@60fps, dan 720P @30fps. Video gerakan lambat: 1080P@120fps dan 720P@240fps.

Kamera depan: mendukung 1080P/720P@30fps (default: 1080P@30fps) (Retouch: diaktifkan secara default). Mendukung stabilisasi video pada 1080P@30fps. Tidak mendukung zoom atau gerakan lambat.

SIM dan konektor Dual SIM nano (tidak ada slot microSD), USB Type-C, colokan audio jack USB Type-C
NFC Ada
Baterai  4.500 mAh, fast charging SuperVOOC 80 watt
Biometrik In-display fingerprint scanner, face unlock
Band 5G n1, n3, n5, n7, n8, n20, n28, n38, n40, n41, n77, dan n78
Sistem operasi Android 12, ColorOS 12.1
Fitur lain WiFi 6, Bluetooth 5.3, kodek audio Bluetooth SBC, AAC, aptX HD, dan LDAC
Warna Shimmer Gold dan Shimmer Black
Harga Oppo Reno 8 5G (8/256 GB) - Rp 8 juta
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.