Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengatasi WhatsApp Diblokir akibat “Akun Ini Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp karena Spam”

Kompas.com - Diperbarui 29/01/2023, 07:46 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Saat menggunakan WhatsApp, salah satu masalah yang cukup sering dijumpai pengguna adalah munculnya tulisan “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam”.

Ketika peringatan tersebut muncul di layar aplikasi WhatsApp, pengguna tak bakal bisa mengakses layanan chat atau telepon WhatsApp. Lantas, kenapa akun tidak diizinkan untuk menggunakan WhatsApp bisa terjadi?

Baca juga: Cara Ganti Nada Dering WhatsApp dengan Suara Google

Penyebab akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp adalah pengguna disinyalir telah melakukan pelanggaran atas ketentuan layanan WhatsApp.

Beberapa pelanggaran itu seperti spam, penipuan, atau aktivitas lain membahayakan keamanan pengguna WhatsApp.

Dengan penjelasan seperti itu, masalah akun tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam bisa terjadi akibat pengguna dinilai telah terlibat atau melakukan aktivitas pengiriman pesan secara massal (spam).

Ketika pengguna melanggar ketentuan layanan WhatsApp, misalnya mengirim pesan spam, maka pihak WhatsApp bakal melakukan pemblokiran akun.

Oleh karena itu, kemunculan tulisan “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam” mengindikasikan bahwa akun WhatsApp diblokir. Dalam hal akun WhatsApp diblokir, pengguna sejatinya masih bisa memperbaiki masalah itu.

Baca juga: Link dan Cara Membuat Scrolling Text di WhatsApp dengan Mudah

Bila bisa diperbaiki, lalu bagaimana cara mengembalikan WhatsApp yang terblokir? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan mengenai cara mengatasi akun WhatsApp yang diblokir di bawah ini, sebagaimana dilansir laman resmi FAQ WhatsApp.

Cara Mengatasi akun WhatsApp yang diblokir

  • Seandainya merasa tidak melakukan pelanggaran ketentuan layanan WhatsApp, pengguna bisa memberikan laporan keberatan dengan menghubungi pihak WhatsApp lewat e-mail di situs ini https://www.whatsapp.com/contact/.
  • Pada situs web itu, pilih opsi “Hubungi” pada menu “Dukungan WhatsApp Messenger”.
  • Kemudian, masukkan data diri seperti nomor telepon yang digunakan untuk akun WhatsApp, alamat e-mail, dan perangkat untuk mengakses WhatsApp.
  • Selanjutnya, masukkan laporan keberatan atas masalah akun WhatsApp diblokir karena “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam”.
  • Terakhir, silakan kirim laporan tersebut dan tunggu maksimal tiga hari kerja hingga pihak WhatsApp memberikan tanggapan via e-mail.

Selain lewat e-mail, pengguna juga bisa menghubungi pihak WhatsApp dengan klik opsi “Minta Tinjauan” saat tulisan “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam” muncul di layar aplikasi WhatsApp.

Baca juga: Cara Pindahkan Chat WhatsApp dari HP Android ke iPhone via Move to iOS

Selanjutnya, pengguna bakal bisa mengirim laporan keberatan untuk ditinjau lebih lanjut oleh pihak WhatsApp. Demikianlah penjelasan seputar cara mengatasi akun WhatsApp yang diblokir, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com