TikTok Now Meluncur, Fitur Unggah Foto dan Video Spontan Mirip BeReal

Kompas.com - 16/09/2022, 08:02 WIB

KOMPAS.com - TikTok mengumumkan fitur baru bernama TikTok Now. Sesuai namanya, TikTok Now merupakan fitur yang mengajak pengguna membuat status (foto/video) spontan dalam waktu yang ditentukan.

"Hari ini, kami memperluas rangkaian tools kreasi kami sambil terus mengembangkan hubungan yang autentik dan spontan di TikTok," tulis TikTok di laman resmi TikTok Newsroom.

Cara kerja fitur TikTok Now ini sangat mirip seperti fitur "Let's BeReal" di media sosial BeReal. Tak hanya TikTok, sejumlah fitur milik media sosial asal Perancis yang tengah naik daun itu juga dicontek oleh Instagram dan Snapchat.

Baca juga: Apa itu BeReal, Media Sosial yang Fiturnya Diikuti oleh Instagram?

Di BeReal, pengguna bakal mendapat notifikasi untuk mengunggah konten "Let's BeReal" satu kali setiap harinya, namun dalam waktu acak.

Bila notifikasi muncul, pengguna hanya punya waktu dua menit untuk mengambil foto/video secara random menggunakan kamera depan dan belakang, kemudian langsung mengunggahnya.

Lewat fitur baru berbagi konten secara real-time ini, pengguna seolah "dipaksa" untuk membuat dan melihat foto atau video hasil unggahan pengguna lain yang "apa adanya", tidak selalu sempurna dengan editan atau filter tambahan.

Baca juga: Instagram Kepayahan Kejar Popularitas TikTok, Reels Masih Tertinggal

Tampilan fitur TikTok Now, mulai dari notifikasi, dual-view foto/video, pengaturan berbagi konten, dan tampilan menu TikTok Now.TikTok Newsroom Tampilan fitur TikTok Now, mulai dari notifikasi, dual-view foto/video, pengaturan berbagi konten, dan tampilan menu TikTok Now.
Nah, di TikTok, pengguna juga bakal mendapatkan notifikasi berbunyi "TikTok Now" sekali setiap harinya. Notifikasi muncul pada waktu yang acak dan hanya akan bertahan selama 3 menit.

Setelah menerima notifikasi, pengguna bisa mengeklik opsi "Post today's Now" untuk membagikan kesibukan atau kegiatan yang tengah dilakukan saat itu juga. Pengguna TikTok bisa memposting foto statis atau video berdurasi 10 detik di TikTok Now.

Fitur ini berbeda dengan fitur TikTok Stories yang bisa digunakan kapan saja oleh pengguna untuk berbagai kegiatannya.

Sama seperti BeReal, foto/video yang diposting di TikTok Now mengandalkan dual-view dari kamera depan sekaligus kamera belakang. Sehingga konten dapat menunjukkan tampang pengguna (dari kamera depan) sekaligus menunjukkan kegiatan atau lokasi pengguna saat itu (dari kamera belakang).

Baca juga: TikTok dan WeChat Diduga Kena Hack, Tapi Dibantah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.