Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Now Meluncur, Fitur Unggah Foto dan Video Spontan Mirip BeReal

Kompas.com - 16/09/2022, 08:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - TikTok mengumumkan fitur baru bernama TikTok Now. Sesuai namanya, TikTok Now merupakan fitur yang mengajak pengguna membuat status (foto/video) spontan dalam waktu yang ditentukan.

"Hari ini, kami memperluas rangkaian tools kreasi kami sambil terus mengembangkan hubungan yang autentik dan spontan di TikTok," tulis TikTok di laman resmi TikTok Newsroom.

Cara kerja fitur TikTok Now ini sangat mirip seperti fitur "Let's BeReal" di media sosial BeReal. Tak hanya TikTok, sejumlah fitur milik media sosial asal Perancis yang tengah naik daun itu juga dicontek oleh Instagram dan Snapchat.

Baca juga: Apa itu BeReal, Media Sosial yang Fiturnya Diikuti oleh Instagram?

Di BeReal, pengguna bakal mendapat notifikasi untuk mengunggah konten "Let's BeReal" satu kali setiap harinya, namun dalam waktu acak.

Bila notifikasi muncul, pengguna hanya punya waktu dua menit untuk mengambil foto/video secara random menggunakan kamera depan dan belakang, kemudian langsung mengunggahnya.

Lewat fitur baru berbagi konten secara real-time ini, pengguna seolah "dipaksa" untuk membuat dan melihat foto atau video hasil unggahan pengguna lain yang "apa adanya", tidak selalu sempurna dengan editan atau filter tambahan.

Baca juga: Instagram Kepayahan Kejar Popularitas TikTok, Reels Masih Tertinggal

Tampilan fitur TikTok Now, mulai dari notifikasi, dual-view foto/video, pengaturan berbagi konten, dan tampilan menu TikTok Now.TikTok Newsroom Tampilan fitur TikTok Now, mulai dari notifikasi, dual-view foto/video, pengaturan berbagi konten, dan tampilan menu TikTok Now.
Nah, di TikTok, pengguna juga bakal mendapatkan notifikasi berbunyi "TikTok Now" sekali setiap harinya. Notifikasi muncul pada waktu yang acak dan hanya akan bertahan selama 3 menit.

Setelah menerima notifikasi, pengguna bisa mengeklik opsi "Post today's Now" untuk membagikan kesibukan atau kegiatan yang tengah dilakukan saat itu juga. Pengguna TikTok bisa memposting foto statis atau video berdurasi 10 detik di TikTok Now.

Fitur ini berbeda dengan fitur TikTok Stories yang bisa digunakan kapan saja oleh pengguna untuk berbagai kegiatannya.

Sama seperti BeReal, foto/video yang diposting di TikTok Now mengandalkan dual-view dari kamera depan sekaligus kamera belakang. Sehingga konten dapat menunjukkan tampang pengguna (dari kamera depan) sekaligus menunjukkan kegiatan atau lokasi pengguna saat itu (dari kamera belakang).

Baca juga: TikTok dan WeChat Diduga Kena Hack, Tapi Dibantah

Sama seperti postingan lain di TikTok, pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat konten TikTok Now miliknya.

Bila sudah di-upload, pengguna bisa melihat konten TikTok Now miliknya dan pengguna lain di menu "Now" yang diwakiliki dengan ikon petir. Menu "Now" diapit antara menu "Home" dan "+" di bila navigasi di bawah layar.

Tampaknya, foto/video yang diposting lewat TikTok Now bakal hilang dalam waktu 24 jam, mirip seperti TikTok Stories yang bisa diposting kapan saja. Pengguna bisa melihat seluruh postingan TikTok Now miliknya di menu "Now memories" (Kenangan "Now").

Dalam situs resminya, TikTok mengatakan bahwa fitur baru TikTok Now saat ini baru tersedia secara terbatas untuk pengguna TikTok di Amerika Serikat saja, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TikTok Newsroom, Jumat (16/9/2022).

Belum ada keterangan lebih lanjut kapan fitur TikTok Now bakal bisa dicicipi oleh pengguna di wilayah lainnya, termasuk di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com