Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Now Hadir di Indonesia, Meluncur sebagai Aplikasi Terpisah

Kompas.com - 23/09/2022, 06:50 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - TikTok akhirnya memperluas kehadiran fitur TikTok Now bagi penggunanya di wilayah global. Sebelumnya, fitur TikTok Now hanya dirilis terbatas untuk pengguna TikTok di Amerika Serikat (AS) pada pertengahan September lalu.

TikTok Now merupakan fitur yang mengajak pengguna membuat status (foto/video) spontan dalam waktu yang ditentukan. Fitur ini sangat mirip seperti fitur "Let's BeReal" di media sosial BeReal.

Di AS, TikTok Now hadir sebagai fitur yang diintegrasikan di dalam aplikasi TikTok utama. Sedangkan, TikTok Now untuk pengguna global hadir sebagai standalone app atau aplikasi sendiri dan terpisah dengan aplikasi TikTok utama.

 Aplikasi TikTok Now sudah bisa di-download di Play Store (kiri) dan App Store (kanan), Kamis (22/9/2022).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Aplikasi TikTok Now sudah bisa di-download di Play Store (kiri) dan App Store (kanan), Kamis (22/9/2022).
Artinya, untuk menikmati fitur TikTok Now, pengguna global perlu mengunduh aplikasi "TikTok Now" secara mandiri.

Baca juga: TikTok Now Meluncur, Fitur Unggah Foto dan Video Spontan Mirip BeReal

Aplikasi TikTok Now tersedia untuk di-download di Apple App Store (iOS) dan Google Play Store (Android).

Pantauan KompasTekno, pengguna TikTok Indonesia yang ingin menjajal fitur TikTok Now sudah bisa mengunduh aplikasi TikTok Now di Play Store dan App Store mulai hari ini, Kamis (22/9/2022).

Pengguna cukup memasukkan kata kunci "TikTok Now" di kolom pencarian aplikasi. Pengguna bakal menemukan aplikasi "TikTok Now" dengan logo petir serupa huruf "N" dan latar belakang berwarna biru.

Aplikasi itu dibuat oleh pengembang TikTok Ltd, sama seperti pengembang aplikasi TikTok utama.

Setelah selesai di-download, pengguna bisa masuk (login) menggunakan akun TikTok yang sudah dimiliknya, atau mendaftarkan akun baru (sign up).

Baca juga: Bisakah TikTok Diandalkan Jadi Sumber Berita?

Ajak pengguna ambil foto/video secara spontan

Pengguna TikTok nantinya bakal mendapatkan notifikasi berbunyi "TikTok Now" sebanyak satu kali setiap harinya. Notifikasi itu akan muncul pada waktu yang acak.

Selanjutnya, pengguna bisa mengeklik notifikasi tadi untuk membagikan kesibukan atau kegiatan yang tengah dilakukan saat itu juga.

Pengguna TikTok bisa memposting foto statis atau video berdurasi 10 detik di TikTok Now. Fitur ini berbeda dengan fitur TikTok Stories yang bisa digunakan kapan saja oleh pengguna untuk berbagai kegiatannya.

Sama seperti BeReal, foto/video yang diposting di TikTok Now mengandalkan dual-view dari kamera depan sekaligus kamera belakang. Sehingga konten dapat menunjukkan tampang pengguna (dari kamera depan) sekaligus menunjukkan kegiatan atau lokasi pengguna saat itu (dari kamera belakang).

Baca juga: Instagram Kepayahan Kejar Popularitas TikTok, Reels Masih Tertinggal

Namun, pengguna hanya diberikan waktu selama tiga menit untuk memotret atau mengambil video. Selama waktu tiga menit tersebut, pengguna bisa mengambil ulang (retake) foto/video yang ingin dibagikan.

Tampilan aplikasi standalone TikTok Now.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan aplikasi standalone TikTok Now.
Sama seperti postingan lain di TikTok, pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat konten TikTok Now miliknya di menu "Friends can view".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com