Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PS5 Bakal Dibuat Lebih Ramping, Ini Komponen yang Dilepas

Kompas.com - 26/09/2022, 14:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sony disebut akan membuat konsol PlayStation 5 (PS5) menjadi lebih ramping.

Menurut pembocor perangkat gaming kenamaan, Tom Henderson, PS5 yang lebih ramping ini tak lagi memiliki slot atau laci cakram (disc drive) bawaan.

Sebagai gantinya, PS5 yang lebih ramping ini konon akan hadir dengan disc drive eksternal yang bisa dilepas pasang.

Disc drive ini nantinya dapat dihubungkan melalui port USB Type-C yang ada di konsol PS5. Selain membuat konsol lebih ramping, disc drive yang dibuat secara terpisah juga dapat mempermudah proses perbaikan apabila terjadi kerusakan.

Baca juga: Sony Naikkan Harga PS5 di Sejumlah Wilayah

Selain perubahan pada komponen disc drive, PS5 dipercaya masih akan mengusung desain yang sama. PS5 yang lebih ramping ini konon akan mulai hadir pada September 2023 mendatang.

PS5 sendiri saat ini sebenarnya memiliki dua versi yakni PS5 Standard Edition yang disertai disc drive dan PS5 Digital Edition yang memang dibuat tanpa disc drive. 

Nah, belum diketahui perbedaan PS5 versi lebih ramping yang akan dirilis tahun depan dengan PS5 Digital Edition yang memang sudah dirancang tanpa disc drive sejak awal.

Selain itu, sejauh ini masih belum ada bocoran lain terkait PS5 versi terbaru yang lebih ramping ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Insider Gaming, Senin (26/9/2022)

PS5 reguler (kiri) dan PS5 Digital Edition (kanan) yang tanpa slot cakram Blu-ray.Blog Sony PlayStation PS5 reguler (kiri) dan PS5 Digital Edition (kanan) yang tanpa slot cakram Blu-ray.

Sony sendiri belum lama, meluncurkan konsol PS5 versi terbaru yang lebih ringan dengan nomor model CFI-1202A dan CFI-1202B.

Baca juga: Beda dengan PS5, Harga Xbox Series X dan Series S Dipastikan Tidak Naik

Konsol PS5 versi ini masih mengusung desain yang serupa. Hanya saja, bobotnya lebih ringan 13 persen dibandingkan PS5 versi awal (CFI-1000) yang meluncur pada 2020 lalu.

Memiliki nomor model CFI-1202A, PS5 Standard Edition hadir dengan bobot 3,9 kg atau sekitar 600 gram lebih enteng dari PS5 versi awal yang berbobot 4,5 kg.

Sementara PS5 Digital Edition terbaru CFI-1202B memiliki bobot yang 500 gram lebih ringan, yakni 3,4 kg. Sebagai perbandingan, PS5 Digital Edition model awal dirilis memiliki bobot mencapai 3,9 kg.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com