Kompas.com - 26/09/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel menyediakan fitur untuk mengecek umur pemakaian kartu. Cara cek umur kartu Telkomsel bisa dilakukan dengan mudah.

Umur pemakaian kartu yang dimaksud adalah masa penggunaan nomor telepon sejak diaktifkan pertama kali. Umur yang ditulis menggunakan perhitungan hari, misalnya 1 tahun tertulis 365 hari, dan seterusnya.

Cara mengecek umur kartu Telkomsel bisa dilakukan dengan menekan kode UMB *999#. Berdasarkan percobaan KompasTekno, cara cek umur kartu Telkomsel dengan kode tersebut hanya berlaku untuk kartu Simpati. Agar lebih jelas, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Baca juga: OpenSignal Rilis Kecepatan Upload/Download Operator Seluler di Indonesia

Cara cek umur kartu Telkomsel

Cara cek masa pakai kartu Telkomsel (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Cara cek masa pakai kartu Telkomsel (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

  • Buka menu panggilan di ponsel
  • Ketik kode UMB *999#
  • Ketuk tombol panggilan di bawah yang berwarna hijau
  • Tunggu beberapa saat, setelah muncul menu layanan ketik 4 untuk opsi “Lainnya”
  • Kemudian, ketik 6 untuk “Lainnya” lagi

Cara cek masa pakai kartu Telkomsel (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Cara cek masa pakai kartu Telkomsel (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

  • Pilih opsi Lainnya lagi, sampai menemukan pilihan “Cek Umur Kartu”
  • Ketik nomor 6 lalu kirim
  • Informasi tentang masa pakai kartu akan muncul

Baca juga: Data Registrasi SIM Prabayar Diduga Bocor, Kominfo, Dukcapil dan Operator Kompak Mengelak

Selain Telkomsel, operator seluler lainnya seperti Three (3), XL, Indosat juga menyediakan layanan serupa. Untuk Three (3) pengguna bisa menghubungi kode UMB *111*4*2#, Indosat *123*50#, dan XL bisa menghubungi Customer Service/layanan online Live Chat Maya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.