Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Diketahui

Kompas.com - Diperbarui 30/01/2024, 10:37 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cara keluar dari grup WhatsApp (WA) tanpa diketahui dan tidak perlu ganti nomor, kini bisa dilakukan oleh semua pengguna WhatsApp.

Fitur keluar dari grup WA tanpa diketahui anggota telah dirilis WhatsApp sejak akhir Agustus lalu. Fitur yang satu ini sangat membantu pengguna yang sungkan dan tidak ingin ketahuan meninggalkan grup lantaran dianggap tidak sopan oleh anggota lainnya.

Sesuai dengan namanya, fitur keluar dari grup WhatsApp secara diam-diam memungkinkan pengguna untuk bisa keluar dari grup tanpa meninggalkan jejak notifikasi.

Sebelumnya, anggota grup dapat melihat notifikasi di ruang obrolan yang berbunyi "(nomor/nama kontak) keluar (left)".

Baca juga: 5 Fitur Baru WhatsApp yang Meluncur September Ini

Sebagai contoh, notifikasi "Kevin left" atau "Kevin keluar" akan muncul di ruang obrolan saat anggota bernama Kevin meninggalkan grup WhatsApp.

Kini, cara keluar grup WA tanpa diketahui tanpa ganti nomor bisa dilakukan oleh pengguna yang sudah men-download update WhatsApp versi 2.22.20.79 di Android.

Tampilan WhatsApp ketika ada anggota yang leave group. Sebelah kiri menunjukkan WhatsApp milik anggota tidak lagi menampilkan notifikasi. Sisi kanan adalah WhatsApp milik admin grup yang masih menampilkan notifikasi bila ada anggota yang keluar grup.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Tampilan WhatsApp ketika ada anggota yang leave group. Sebelah kiri menunjukkan WhatsApp milik anggota tidak lagi menampilkan notifikasi. Sisi kanan adalah WhatsApp milik admin grup yang masih menampilkan notifikasi bila ada anggota yang keluar grup.

Baca juga: Pengalaman Menjajal Fitur Keluar Grup WhatsApp Diam-diam

Berdasarkan pantauan KompasTekno, pengguna Android yang menggunakan WhatsApp versi 2.22.20.79 bisa keluar dari grup tanpa diketahui anggota grup lainnya.

Untuk bisa keluar dari grup WhatsApp secara diam-diam, silakan simak langkah-langkah sederhana di bawah ini.

  • Buka grup WhatsApp yang diinginkan.
  • Di ruang obrolan grup, tekan ikon titik tiga di pojok kanan atas aplikasi.
  • Klik opsi "More/Lainnya" > "Exit group/Keluar dari grup".

Anggota grup lain tidak akan menyadari ketika Anda keluar dari grup lantaran mereka tidak menerima notifikasi.

Baca juga: Pengguna WhatsApp Kini Bisa Bagikan Link Undangan Telepon dan Video Call, Mirip Zoom

Akan tetapi, cara keluar dari grup WA yang telah dijabarkan di atas masih bisa diketahui oleh admin grup.

Sebab, admin grup WA masih menerima notifikasi bila ada anggota lain yang "leave group" alias keluar dari grup WhatsApp.

Selain bisa dilakukan di Android, cara keluar grup WA tanpa diketahui di iPhone juga sudah berlaku bagi pengguna perangkat berbasis iOS.

Tidak benar-benar tanpa jejak

Meski tidak meninggalkan notifikasi, anggota grup masih bisa mengetahui nama-nama anggota yang telah keluar dari grup WhatsApp.

Menu view past participants bisa digunakan untuk mengetahui informasi anggota grup yang keluar dari grup dalam kurun waktu 60 hari terakhir.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Menu view past participants bisa digunakan untuk mengetahui informasi anggota grup yang keluar dari grup dalam kurun waktu 60 hari terakhir.

Pasalnya, WhatsApp menyediakan menu baru, yaitu "View past participants". Menu itu dapat ditemukan di bawah nama semua anggota grup.

Menu "View past participants" menyajikan informasi anggota grup yang meninggalkan grup atau dikeluarkan dari grup dalam kurun waktu 60 hari terakhir.

Informasi yang akan ditampilkan mencakup nama anggota grup serta waktu ketika anggota meninggalkan/leave atau dikeluarkan alias di-kick dari grup.

Tidak hanya admin, menu "View past participants" juga bisa diakses oleh anggota grup atau pengguna yang sudah keluar dari grup WhatsApp.

Meski begitu, fitur baru WhatsApp ini tetap menjadi penyelamat bagi pengguna yang merasa tertekan atau sungkan bila ingin meninggalkan grup. Sebab, namanya tak bakal lagi muncul di ruang obrolan karena meninggalkan grup.

Cara mengakses "View past participants"

  • Buka grup WhatsApp yang diinginkan.
  • Di ruang obrolan grup, tekan nama grup.
  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan menu "View past participants".
  • Ketika menu itu dipilih, Anda bisa melihat nama-nama anggota yang sudah keluar dari grup.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com