Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna WhatsApp Kini Bisa Bagikan Link Undangan Telepon dan Video Call, Mirip Zoom

Kompas.com - 27/09/2022, 11:15 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - WhatsApp meluncurkan fitur baru bernama Call Links. Fitur Call Links memungkinkan pengguna membagikan link (tautan) panggilan baik video (video call) maupun audio.

Dengan begitu, pengguna yang mengklik tautan tersebut bisa langsung bergabung ke panggilan terkait.

Fitur ini diumumkan oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg melalui akun pribadinya di Facebook. Menurut pria yang kerap disapa Zuck itu, fitur Call Links akan memperingkas cara melakukan panggilan telepon atau video call di WhatsApp.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Polling di Grup dan Caption Dokumen

"Kami meluncurkan tautan panggilan di WhatsApp mulai minggu ini, sehingga Anda bisa membagikan tautan untuk memulai panggilan (hanya) dengan satu ketukan," kata Zuckerberg, dikutip KompasTekno dari akun Facebooknya, Selasa (27/9/2022).

Fitur Call Links bisa ditemukan pengguna di bawah tab panggilan. Dari sini, pengguna akan menemukan menu untuk membuat tautan panggilan.

Saat menu tersebut diklik, link akan dibuat secara otomatis. Kemudian, pengguna bisa membagikannya ke pengguna lain untuk mengajaknya bergabung ke panggilan audio atau video call.

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp, Admin Grup WA Kini Bisa Hapus Pesan dari Anggota

Ilustrasi fitur berbagi tautan panggilan WhatsAppMeta Ilustrasi fitur berbagi tautan panggilan WhatsApp

Praktik berbagi tautan panggilan sendiri terdengar sama seperti platform video konferensi Zoom, Google Meet dan lainnya yang sudah diadopsi sejak lama.

Perbedaannya adalah, Zoom dan Google Meet mendukung fitur panggilan video terjadwal. Jadi, pengguna baru dapat bergabung ke video bila rapat atau panggilan sudah dimulai atau dibuka. Sayangnya dukungan ini belum tersedia di WhatsApp.

Sesuai dengan pernyataan Zuck, fitur tautan panggilan WhatsApp dirilis pekan ini ke semua pengguna. Namun pantauan KompasTekno, fitur ini belum tersedia di Indonesia. Pembaruan aplikasi WhatsApp juga belum terlihat di Google Play Store.

Baca juga: Bulan Depan, WhatsApp Tidak Bisa Dipakai Lagi di iPhone Ini

Uji panggilan video hingga 32 orang

Mark Zuckerberg juga mengatakan pihaknya sedang menguji fitur panggilan video terenkripsi hingga 32 orang. Namun rincian lainnya tidak begitu dijelaskan bos Meta tersebut.

Dukungan perluasan jumlah pengguna panggilan video grup WhatsApp sendiri sudah diumumkan WhatsApp sejak April lalu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (27/9/2022).

Dengan bertambahnya jumlah tersebut, pengguna bisa memanfaatkan WhatsApp lebih dari sekadar panggilan video untuk mengobrol, melainkan juga untuk belajar atau bahkan bekerja seperti layanan yang ditawarkan Zoom dan lainnya.

Sayangnya belum diketahui kapan dukungan panggilan video WhatsApp hingga 32 orang akan diluncurkan. Zuckerberg sendiri dalam postingannya berkata akan membagikan informasi lainnya dalam waktu dekat. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com