Kompas.com - 23/11/2022, 15:04 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang digunakan miliaran pengguna di seluruh dunia. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk menunjang komunikasi personal, bisnis dan lain sebagainya.

Karena menunjang komunikasi pengguna, tak jarang aplikasi WhatsApp memuat data penting baik personal maupun data terkait pekerjaan. Pada akhirnya, keamanan menjadi faktor yang tak kalah penting dalam aplikasi ini.

Pihak WhatsApp sendiri sudah menerapkan sistem keamanan pada aplikasinya termasuk enkripsi yang akan mengubah kode pesan agar tidak mudah terbaca oleh pihak lain.

Baca juga: Cara Mengunci Akun TikTok Supaya Tidak Dilihat Sembarang Orang

Nah, untuk menjaga keamanan aplikasi, setiap pengguna juga bisa mengunci WhatsApp dengan sidik jari, agar tidak mudah diakses oleh orang lain, khususnya akses dari ponsel langsung.

Dengan mengunci WhatsApp dengan sidik jari, data dalam aplikasi bisa lebih terjaga karena aksesnya dibatasi dari ponsel. Berikut cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari di WA Android.

Cara mengunci WhatsApp dengan sidik jari

Seperti kunci ponsel, WhatsApp bisa dikunci dengan sidik jari. Bila opsi kunci aplikasi WhatsApp diaktifkan, maka pengguna harus membuka kunci setiap kali hendak mengakses WhatsApp.

Baca juga: Cara Mengunci Akun Profil Facebook agar Privasi Lebih Terjaga

Untuk mengaktifkan fitur kunci WhatsApp dengan sidik jari, khususnya pada ponsel Android, ikuti tahapan berikut.

  • Buka menu Pengaturan (Settings) > Privasi
  • Gulir opsi di menu Privasi hingga menemukan opsi Fingerprint lock (Kunci sidik jari)
  • Aktifkan Kunci sidik jari dengan menekan tombol yang tersedia
  • Tekan dan pindai sidik jari Anda untuk mengonfirmasi

Cara mengunci aplikasi WhatsApp AndroidKompas.com/Lely Maulida Cara mengunci aplikasi WhatsApp Android

Dari menu yang sama, Anda juga bisa mengatur berapa lama jeda aplikasi WhatsApp terbuka tanpa kunci hingga terkunci otomatis. Jedanya tersedia dalam tiga opsi, mulai dari sesegera mungkin, setelah 1 menit atau setelah 30 menit.

Cara mengunci aplikasi WhatsApp AndroidKompas.com/Lely Maulida Cara mengunci aplikasi WhatsApp Android

Selain itu, ada pula menu yang memungkinkan pengguna mengatur apakah preview pesan ingin ditampilkan pada bar notifikasi atau tidak. Dengan mengaktifkannya, isi pesan tidak akan mudah terbaca oleh orang lain yang berada di dekat pengguna.

Baca juga: Begini Cara Mengunci WhatsApp Pakai Sidik Jari

Dalam situsnya, WhatsApp juga menerangkan bahwa aplikasinya bisa dikunci menggunakan pemindai wajah. KompasTekno tidak menemukan opsi pemindai wajah sebagaimana klaim WhatsApp untuk mengunci aplikasi.

Padahal, ponsel yang dipakai juga mendukung dan mengaktifkan pemindai wajah.

Adapun untuk dukungan mengunci WhatsApp dengan sidik jari, tersedia pada perangkat yang menjalankan Android 6.0 atau versi lebih baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.