Kompas.com - 24/11/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Setelah resmi menggelontorkan fitur terbarunya yang bernama “Poll”, kini platform perpesanan instan, Whatsapp, dilaporkan tengah menggulirkan tampilan baru di WhatsApp.

Tampilan baru yang dimaksud nantinya akan menambah sidebar yang terletak di sisi kiri aplikasi. Setidaknya begitulah yang dilaporkan situs yang kerap membocorkan fitur-fitur kebaruan WhatsApp, WABetaInfo.

Sidebar tersebut berisikan ikon tab obrolan (Chats), riwayat panggilan (Calls), dan Status. Kemudian sisi bawah sidebar terdapat logo “Settings” dan “Profile”. Ketika salah satu ikon diklik, maka tab tersebut akan langsung berganti ke tab yang ingin dituju.

Baca juga: Ramai Akun WA Diblokir Sementara gara-gara Pakai WhatsApp GB, Ini Penjelasannya

WABetaInfo mengungkapkan fitur tersebut sudah mulai digulirkan ke pengguna WhatsApp beta Windows (PC/desktop) untuk versi 2.2246.4.0. Pengguna yang sudah melakukan pembaruan aplikasi di toko aplikasi resmi Microsoft Store akan kebagian tampilan baru tersebut.

Kendati begitu, pengguna Windows mungkin sudah familier dengan perubahan sidebar tersebut, dikarenakan pengguna WhatsApp Windows versi 2.2244.7.0 sudah kebagian tampilan sidebar tersebut.

Hanya saja kebaruan kali ini terletak pada penambahan tabs “Calls”, alias riwayat panggilan suara ataupun video. Sebelumnya, sidebar yang muncul hanya berisikan tabs obrolan dan WhatsApp status di bagian atas, serta tabs “Settings” dan “Profile” di sisi bawah sidebar.

Sebagai gambaran dari tampilan baru tersebut, berikut adalah hasil tangkap layar yang dibagikan oleh WABetaInfo di laman resminya.

(Kiri) Tampilan baru dari WhatsApp beta Windows versi 2.2246.4.0 dengan (kanan) tampilan WhatsApp dekstop Windows versi 2.2245.5.0. Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa perbedaannya terletak pada kemunculn ikon tabs Calls di sidebar sebelah kiri.WABetaInfo (Kiri) Tampilan baru dari WhatsApp beta Windows versi 2.2246.4.0 dengan (kanan) tampilan WhatsApp dekstop Windows versi 2.2245.5.0. Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa perbedaannya terletak pada kemunculn ikon tabs Calls di sidebar sebelah kiri.
Perubahan tampilan yang dilakukan ini dinilai dapat mempermudah pengguna untuk beralih dari satu tab ke tab yang lainnya. Misalnya, ketika ingin berpindah dari tab “Chats” ke “Calls” ataupun dari “Chats” ke “Settings” (Pengaturan) dengan lebih efisien.

Baca juga: 3 Cara Update WhatsApp Desktop di Laptop

Namun, perlu dicatat bahwa penambahan tabs “Calls” tersebut masih digulirkan ke pengguna beta, yang artinya belum diluncurkan ke seluruh pengguna secara umum.

Ditambah, karena masih diluncurkan versi beta, kemungkinan besar riwayat panggilan yang ada tidak disinkronkan secara langsung dengan smartphone pengguna.

“Panggian yang dilakukan dari aplikasi desktop mungkin tidak muncul di ponsel Anda. Pembaruan lain mungkin (akan) dirilis di masa mendatang untuk mengatasi masalah tersebut,” tulis WABetaInfo, sebagaimana dikutip KompasTekno di laman resminya, Kamis (24/11/2022).

WaBetaInfo juga menambahkan pembaruan tersebut bakal segera diluncurkan ke lebih banyak pengguna. Akan tetapi, masih belum diketahui apakah tampilan baru tersebut bakal segera dihadirkan ke perangkat PC versi iOS atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber WABetaInfo


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.