Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link Pendaftaran Volunteer Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia dan Syaratnya

Kompas.com - Diperbarui 08/12/2022, 20:57 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Kompetisi sepak bola antar negara dengan kelompok umur di bawah 20 tahun, Piala Dunia U-20 2023 (U-20 World Cup 2023) bakal diselenggarakan di Indonesia pada Mei hingga Juni tahun depan.

Untuk mendukung terselenggaranya ajang dua tahun sekali itu, federasi sepak bola internasional FIFA dan Komite Panitia Lokal membuka lowongan menjadi relawan atau volunteer Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Baca juga: Cara Nonton Siaran Ulang Piala Dunia 2022 di HP dan Laptop dengan Mudah

Pendaftaran volunteer Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia telah dibuka sejak Senin siang kemarin (5/12/2022) dan bakal ditutup hingga 5 Februari 2023. Penyelenggara setidaknya membutuhkan sekitar 1.500 relawan.

Para relawan itu akan mendapatkan kesempatan untuk bekerja di area fungsional seperti stadion, tempat latihan, bandara, dan hotel. Relawan menjalankan tugas di berbagai bidang, termasuk transportasi, akreditasi, media, layanan tamu, dan layanan penonton.

Bila hendak mengikuti, sebaiknya pahami dulu beberapa syarat pendaftaran volunteer Piala Dunia U-20 di Indonesia yang dibutuhkan. Dikutip dari laman resmi FIFA, adapun rincian syaratnya adalah sebagai berikut.

Syarat pendaftaran volunteer Piala Dunia U-20 di Indonesia

  • Berumur 18 tahun atau lebih pada tanggal 20 Maret 2023
  • Tinggal di Indonesia
  • Mampu berbicara Bahasa Inggris minimal level intermediate; lancar berbicara Bahasa Indonesia
  • Hadir selama turnamen (20 Mei – 11 June 2023)
  • Sanggup menyelesaikan proses wawancara dan menghadiri seluruh sesi latihan
  • Bertanggung jawab dan antusias
  • Berkomitmen untuk berkontribusi dalam penyelenggaraan acara global besar dan mewakili FIFA U-20 World Cup Indonesia 2023 dengan bangga dan hormat.

Baca juga: Cara Nonton Piala Dunia 2022 di HP dan Laptop dengan Mudah

Itulah syarat pendaftaran volunteer Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Lantas, bagaimana cara daftarnya? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara daftar volunteer Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Cara daftar volunteer Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

  • Kunjungi link pendaftaran volunteer Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia ini https://volunteer.fifa.com/invite/fu20wcindonesia2023 
  • Kemudian, isi formulir pendaftaran akun FIFA Volunteer Community dengan data diri seperti nama lengkap, alamat e-mail, membuat password akun, dan sebagainya.
  • Klik tautan verifikasi akun yang dikirim ke alamat e-mail tadi.
  • Setelah berhasil login di halaman FIFA Volunteer Community, pilih menu “Tournament” dan buka “U-20 World Cup 2023 Indonesia”.
  • Selanjutnya, isi formulir pendaftaran relawan dengan lengkap. Pada langkah ini, relawan diharuskan pula untuk mengunggah foto berwarna dan kartu identitas resmi (paspor atau KTP).
  • Pastikan data di formulir telah terisi semua dengan benar. Bila sudah demikian, kirim formulir pendaftaran itu.

Tiap tahap pendaftaran nantinya dapat dipantau terus di halaman FIFA Volunteer Community. Untuk diketahui, sebelum ditetapkan jadi relawan, pendaftar bakal melewati beberapa tahapan, antara lain seperti pengiriman formulir, wawancara, penawaran, dan pelatihan.

Baca juga: 5 Teknologi di Piala Dunia 2022 Qatar yang Berbeda dari Gelaran Sebelumnya

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara daftar volunteer Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, berikut dengan syarat yang dibutuhkan, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com