Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Goblin Mode" Jadi Kata Pilihan Oxford 2022, Apa Artinya?

Kompas.com - 07/12/2022, 19:03 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oxford University Press (OUP) mengumumkan kata pilihannya tahun ini atau Word of the Year 2022, yaitu "Goblin Mode". Goblin Mode menjadi kata yang paling menggambarkan suasana hati orang-orang sepanjang 2022.

Istilah goblin mode dinobatkan sebagai kata tahun ini berdasarkan pilihan pengguna yang mengikuti voting atau pemungutan suara.

Goblin Mode adalah istilah slang yang menggambarkan perilaku seseorang yang memanjakan diri sendiri, malas, jorok, atau serakah. Istilah ini sering dipakai untuk mengungkapkan penolakan atas norma atau ekspektasi sosial.

Goblin mode juga dinilai cocok untuk mereka yang kecewa dengan kondisi pandemi pada tahun ketiga, serta pergolakan politik yang berlangsung belakangan ini di seluruh dunia.

Baca juga: Arti Kata Gaslighting yang Jadi Word of The Year 2022

Menurut Oxford University Press sebagai penerbit Kamus Inggris Oxford, istilah goblin mode sering dipakai dalam kalimat seperti "saya dalam mode goblin" atau "pakai mode goblin".

Istilah ini dinobatkan sebagai "kata tahun ini" oleh Oxford setelah memperoleh 318.956 suara atau mewakili 93 persen dari total suara yang dihimpun.

Goblin Mode sendiri sebenarnya bukan istilah baru karena sudah mulai muncul secara online pada 2009.

Istilah ini baru populer pada awal tahun 2022, setelah skandal yang melibatkan aktris dan model Julia Fox mencuat serta postingan tentang seseorang yang bertingkah seperti goblin, viral di forum Reddit.

Ketika pandemi mulai mereda, istilah Goblin Mode terus dipakai, utamanya ketika orang-orang merasa enggan kembali ke kehidupan sebelumnya.

"Mengingat tahun yang baru saja kita lewati, goblin mode beresonansi dengan kita semua yang merasa kewalahan saat ini," kata Casper Grathwohl, President Oxford Languages, dikutip KompasTekno dari BBC, Rabu (7/12/2022).

Metaverse jadi kata pilihan kedua Oxford

Setelah Goblin Mode, kata pilihan Oxford di posisi kedua yaitu "Metaverse". Istilah ini menggambarkan dunia virtual, di mana pengguna ditampilkan dalam bentuk avatar dan bisa berinteraksi satu sama lain dengan pengguna lainnya dengan konsep yang imersif.

Baca juga: “Password” Jadi Kata Sandi Paling Banyak Digunakan di Dunia Tahun Ini

Ilustrasi dunia metaverse.DOK. Techsauce Ilustrasi dunia metaverse.
Istilah metaverse semakin populer ketika Facebook berganti nama menjadi Meta dan menyatakan misinya untuk membangun metaverse.

Berdasarkan hasil voting, Metaverse mengumpulkan 14.484 suara. Selanjutnya pada posisi ketiga terdapat kata dengan hastag atau tanda pagar (tagar) #IStandWith yang meraih 8.639 suara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com