Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Induk Facebook Mau Bikin Medsos Baru Pesaing Twitter?

Kompas.com - 09/12/2022, 17:05 WIB

KOMPAS.com - Akuisisi jejaring sosial Twitter oleh Elon Musk disebut-sebut menjadi proses pengambilalihan yang kacau balau.

Sebab, semenjak dibeli Elon Musk, Twitter melakukan PHK massal, karyawan juga melakukan pengunduran diri berjemaah, serta pengiklan Twitter juga dilaporkan banyak yang minggat.

Bahkan sebagian pengguna Twitter juga migrasi ke media sosial lain karena kontroversi Elon Musk sebagai pemilik baru Twitter dan perubahan sejumlah produk Twitter.

Saat kondisi manajemen dan bisnis Twitter tengah bergejolak, Meta Platforms Inc. (perusahaan induk Facebook, Instagram, WhatsApp) dilaporkan ingin memanfaatkan situasi ini dengan membuat media sosial baru pesaing Twitter.

Tujuannya tak lain untuk menjadi platform alternatif bagi pengguna Twitter yang sudah tak betah "ngetwit" di Twitter.

Baca juga: Twitter Dibanjiri Ujaran Kebencian Sejak Ada Elon Musk

Menurut laporan The New York Times, karyawan dari Facebook dan Instagram telah bertemu secara virtual pada bulan November, untuk bertukar gagasan alias brainstorming seputar membangun aplikasi berbasis teks yang dapat menyaingi Twitter.

"Twitter sedang dalam krisis dan Meta butuh kesuksesannya kembali. Yuk kita rebut mata pencaharian mereka," tulis seorang karyawan Meta dalam sebuah postingan.

Pada sesi brainstorming, sekelompok pegawai Facebook dan Instagram mendiskusikan pembuatan aplikasi mandiri (standalone) yang berfokus pada teks yang dapat dibuat berdasarkan teknologi Instagram.

Karyawan Meta disebut telah memberikan beberapa nama untuk calon pesaing Twitter, termasuk Realtime, Real Reels, dan Instant.

Menurut informasi yang beredar, karyawan juga mempertimbangkan untuk membangun fitur berbasis teks ke dalam platform Instagram. Nantinya fitur ini menjadi feed tambahan di tab "Reels" atau ke dalam "Instagram Notes".

Baca juga: Pemasukan Meta Terjun Bebas gara-gara Metaverse

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.