Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Muncul Status Catatan Singkat Pengguna di DM Instagram, Apa Itu?

Kompas.com - 15/12/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Di linimasa Twitter dan TikTok, belakangan ini ramai dengan unggahan yang menampilkan kemunculan status pengguna berisi catatan singkat pada halaman pesan langsung (DM) aplikasi Instagram atau biasa disingkat “IG”.

Unggahan soal status di DM Instagram terpantau mulai banyak bermunculan sejak Rabu kemarin (14/12/2022). Salah satu contoh bentuk status di DM Instagram itu bisa dilihat lewat unggahan dari akun Twitter dengan handle @ezash.

Baca juga: Cara Membuat Instafest Spotify, Poster Festival Musik yang Viral di Twitter dan IG

Status tersebut berisi catatan singkat yang muncul tepat pada bagian foto profil pengguna di halaman DM IG. Selain akun @ezash, masih bisa dijumpai banyak lagi pengguna yang mengunggah soal status di DM IG.

Untuk diketahui, status di DM IG yang ramai dibicarakan itu sejatinya adalah fitur baru bernama “Note” atau “Catatan”. Lantas, apa itu Note IG? Bila tertarik mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan fitur Note IG, mulai dari fungsi hingga cara membuatnya.

Apa itu Note IG?

Note IG adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat status berisi catatan singkat di halaman DM. Pengguna bisa menambahkan Note IG dengan panjang catatan maksimal 60 karakter. Catatan dapat diisi, baik dengan teks maupun emoji.

Secara pengoperasioan, fitur Note IG cukup banyak yang mengatakan mirip dengan fitur status pada aplikasi perpesanan instan BBM (BlackBerry Messenger) versi lawas. Itu dikarenakan keduanya sama-sama hanya bisa membuat status dalam bentuk catatan.

Beda dengan WhatsApp yang bisa mengunggah status dalam bentuk video, gambar, serta catatan. Di Note IG, status yang terunggah bakal muncul tepat pada bagian atas lingkaran foto profil pengguna dalam halaman DM.

Note IG dapat dibagikan pengguna ke pengguna lain yang diikuti kembali (follow back) atau pengguna lain yang masuk dalam daftar teman dekat (close friend). Note IG yang bagikan  bakal muncul di halaman DM pengguna lain tersebut selama 24 jam.

Kemudian, pengguna lain yang menerima pembaruan Note IG itu dapat mengirim balasan ke pembuatnya. Note IG cukup berfungsi untuk membagikan pengalaman pengguna secara cepat dalam bentuk catatan singkat.

Itulah pengertian mengenai apa itu Note IG yang kini ramai dibicarakan di media sosial. Lantas, bagaimana cara membuat Note IG? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan cara membuat Note IG di bawah ini.

Cara membuat Note IG

  • Buka halaman DM IG dan klik ikon tambah yang tertera di foto profil.
  • Selanjutnya, tambahkan catatan yang hendak dibagikan.
  • Atur pengguna lain yang bisa menerima pembaruan Note IG.
  • Setelah itu, klik opsi “Bagikan” dan status bakal muncul tepat pada bagian foto profil dalam halaman DM IG.

Ilustrasi cara membuat Note IG untuk membagikan status.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat Note IG untuk membagikan status.

Pengguna bisa membalas Note IG atau status dari pengguna lain dengan mengetuk foto profilnya yang muncul di halaman DM. Cukup mudah bukan cara membuat Note IG? Demikianlah penjelasan seputar cara membuat Note IG.

Sebagai informasi tambahan, fitur Note IG baru dirilis sejak Rabu kemarin (14/12/2022). Lantaran baru dirilis, kemungkinan besar penyebaran fitur Note IG ke semua pengguna masih dilakukan secara bertahap.

Baca juga: Ramai iPhone Tak Bisa Buat Story IG Pakai Kamera Depan-Belakang, Benarkah HDC?

Oleh karena itu, bila belum mendapatkan fitur ini, cobalah untuk bersabar dan menunggu terlebih dahulu. KompasTekno sendiri telah menerima fitur Note IG lewat versi aplikasi Instagram 263.1 di iPhone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com