Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telegram Premium Bisa Terjemahkan Isi Chat Langsung

Kompas.com - 09/02/2023, 12:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Telegram

KOMPAS.com - Telegram menggulirkan fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Dalam pengumumannya, terdapat 10 fitur baru yang diperkenalkan. Salah satunya fitur menerjemahkan seluruh pesan ke dalam berbagai macam bahasa.

Kendati demikian, fitur ini hanya hadir untuk pengguna berbayar, alias Telegram Premium, dengan membayar Rp 73.000 hingga Rp 79.000 per bulannya.

Fitur baru ini sudah hadir untuk Telegram versi 9.4. Kemampuan menerjemahkan tersebut dapat dimanfaatkan di seluruh ruang obrolan, mulai dari chat personal, grup, hingga channel.

“Pengguna Premium kini sudah dapat menerjemahkan keseluruhan pesan di chat, grup, dan channel secara real-time dengan mengetuk kolom “Translate” di bagian atas,” tulis Telegram di laman resminya.

Kemampuan menerjemahkan pesan ke dalam berbagai bahasa pun dinilai efektif. Sebab, pengguna "seolah" tidak memiliki batasan bahasa dengan pengguna asing. Dari video simulasi fitur yang diunggah perusahaan, kemampuan menerjemahkan pesan terlihat sangat mulus.

Baca juga: Chat Telegram Bisa Dipakai Ngobrol secara Anonim, Begini Caranya

Fitur menerjemah pesan di Telegram PremiumTelegram Fitur menerjemah pesan di Telegram Premium

Di ruang obrolan (chats), akan muncul kolom tambahan di bawah nama pengguna/grup/channel yang tertulis “Translate to English”. Ketika diklik, pesan tersebut akan berubah otomatis ke bahasa Inggris. Lalu, bila ingin kembali ke semula, pengguna tinggal klik “Show Original” di kolom yang sama.

Selain bahasa Inggris, pengguna juga bisa memilih bahasa lain yang ingin digunakan. Caranya dengan klik ikon tiga titik di ujung sisi kanan. Kemudian, akan muncul jendela baru yang menampilkan beberapa pengaturan dan pilih “Choose Another Language”.

Apabila kolom dari fitur menerjemah bahasa dirasa mengganggu, pengguna bisa menyembunyikannya dalam ruang obrolannya. Caranya dengan kembali mengeklik ikon titik tiga dan pilih “Hide”.

Baca juga: 10 Fitur Telegram Premium yang Tidak Dimiliki Versi Biasa

Kemampuan lainnya adalah pengguna dapat memilih untuk tidak menerjemahkan bahasa tertentu. Pengaturan tersebut bisa dilakukan dengan mengeklik ikon titik tiga di ujung kanan dan pilih “Do Not Translate (misal) Chinese”. Biasanya, bahasa yang tidak diterjemahkan adalah bahasa utama yang dipakai pengguna di aplikasi.

Selain hadir untuk pengguna berbayar, Telegram juga menyebut bahwa fitur ini hadir untuk seluruh pengguna, baik versi berbayar maupun versi gratis.

“Seluruh pengguna dapat menerjemahkan satu pesan dengan mengekliknya dan pilih ‘Translate’,” lanjut Telegram.

Hanya saja, perbedaannya terletak pada kemampuan fitur melakukan terjemahan. Pertama, jika versi premium dapat menerjemahkan keseluruhan pesan, versi gratis hanya memungkinkan pengguna menerjemahkan satu pesan saja.

Kedua, fitur di versi gratis hanya dapat menerjemahkan pesan ke satu bahasa saja. Misalnya, dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Berbeda dengan versi “Premium” yang bisa secara real-time memilih bahasa yang berbeda.

Baca juga: Google Translate Makin Pintar, Sediakan Konteks Terjemahan yang Didukung AI

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa membuka laman “Pengaturan” (Settings). Pilih “Language” dan nyalakan fitur “Show Translate Button”. Di sana pengguna juga bisa memilih jenis bahasa apa yang tidak ingin diterjemahkan.

Setelah mengaktifkan fitur tersebut, buka salah satu ruang obrolan, ketuk pesan yang ingin diterjemahkan. Pilih “Translate” dan sistem akan memunculkan jendela baru berisi pesan yang sudah diterjemahkan.

Fitur baru lainnya yang juga dihadirkan adalah dapat menggunakan emoji atau stiker sebagai foto profil, emoji dan stiker yang dikategorisasi, memanajemen penggunaan data aplikasi, menyimpan otomatis foto/video yang dikirim, emoji yang lebih interaktif, dan masih banyak lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Telegram
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com