Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lei Jun Minta Fans Jangan Tunggu Xiaomi 13S

Kompas.com - 24/02/2023, 13:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com Xiaomi memastikan tidak akan meluncurkan lini Xiaomi 13S. Setelah peluncuran jajaran Xiaomi 13 di pasar global, perusahaan asal China ini akan merilis jajaran Xiaomi 14.

Informasi ini datang langsung dari CEO Xiaomi, Lei Jun. Melalui postingannya di media sosial Weibo, Lei Jun mengatakan bahwa pengguna Xiaomi tidak usah menunggu kehadiran ponsel lini "S" ini.

"Saat ini, Mi 13 tidak memiliki rencana untuk membuat peningkatan (upgrade) setengah generasi. Jangan menunggu kehadiran Xiaomi 13S," tulisnya sebagaimana dikutip KompasTekno dari GizmoChina pada Kamis (23/2/2023).

Baca juga: Cerahnya Layar Xiaomi 13 Sampai Diklaim Pecahkan Rekor

Pernyataan Lei Jun soal absennya Xiaomi 13S, di jejaring sosial Weibo.Weibo Pernyataan Lei Jun soal absennya Xiaomi 13S, di jejaring sosial Weibo.

Untuk diketahui, lini "S" Xiaomi merupakan peningkatan setengah generasi yang dilakukan Xiaomi untuk menambahkan fitur dan peningkatan terbaru mengikuti tren yang ada.

Sebagai contohnya, tahun lalu Xiaomi 12S dibekali dengan sejumlah upgrade, seperti performa, kamera, dan efisiensi daya.

Namun, kali ini Xiaomi dipastikan tidak mengikuti alur peningkatan setengah generasi itu. Sebab, Lei Jun mengeklaim bahwa Xiaomi 13 sudah mendapatkan respons yang positif dan masih relevan di pasaran sampai sekarang.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Xiaomi 13 Pro, Pakai Kamera Xiaomi 12S Ultra?

Dengan kata lain, kehadiran Xiaomi 13S tidak diperlukan dan perusahaan itu bisa menempatkan fokusnya untuk meningkatkan model yang sudah ada sambil memberikan pengguna pengalaman yang lebih baik.

Ilustrasi Xiaomi 13 Pro.GSM Arena Ilustrasi Xiaomi 13 Pro.

Bisnis smartphone bergeser

Keputusan yang diambil Xiaomi ini juga bisa mengindikasikan pergeseran dalam bisnis smartphone.

Dewasa ini, banyak orang mencari gawai yang awet selama bertahun-tahun. Hal ini dilakukan karena makin mahalnya harga ponsel kelas atas (flagship). Tren itu kemungkinan mendorong Xiaomi untuk tidak meluncurkan Xiaomi 13S.

Baca juga: Tampang dan Spesifikasi Xiaomi 13 Lite Terungkap

Sebagai gantinya, vendor ponsel China tersebut dapat memenuhi permintaan masyarakat dengan menambahkan atau memperbaiki deretan fitur yang membuat Xiaomi 13 berumur panjang sampai beberapa tahun mendatang.

Lini Xiaomi 13 diperkirakan akan diumumkan secara global di acara Mobile World Congress 2023 (MWC) di Barcelona pada 27 Februari sampai 2 Maret mendatang. Adapun varian yang diperkenalkan adalah Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro yang pertama kali meluncur di China pada Desember 2022.

Xiaomi 13 Lite diprediksi akan meluncur pada beberapa bulan yang akan datang, sedangkan informasi terkait Xiaomi 13 Ultra disebut akan beredar dalam waktu yang dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com