Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klasemen Akhir Regular Season MPL ID S11, Onic Esports dan RRQ Lolos Upper Bracket

Kompas.com - 27/03/2023, 10:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Babak liga (Regular Season) kompetisi e-sports Mobile Legends Professional League Indonesia (MPL ID) Season 11 (S11) usai berakhir pada Minggu (26/3/2023) kemarin. 

Di pekan terakhir tersebut, Onic Esports memantapkan posisinya di puncak klasemen dengan perolehan skor 19 poin.

Selain mengamankan posisi pertama di klasemen akhir Regular Season MPL ID S11, tim yang biasa dijuluki "Landak Kuning" ini juga berhasil masuk ke tangga turnamen teratas (Upper Bracket) di babak penyisihan (Playoff) MPL ID S11.

Baca juga: Jadwal Kompetisi PUBG Mobile 2023 PMSL SEA Spring Beserta Pembagian Grup

Onic Esports akan ditemani dengan RRQ yang juga masuk ke Upper Bracket Playoff MPL ID Season 11. Sebab, tim yang kerap dijuluki "Sang Raja" tersebut sukses berada di posisi kedua klasemen akhir Regular Season MPL ID S11 dengan perolehan skor 7 poin. 

Seperti diketahui, dua tim teratas di klasemen akhir babak Regular Season MPL ID S11 akan langsung ditempatkan di tangga Upper Bracket pada babak selanjutnya alias babak Playoff.

Keuntungan dari tim yang berada di babak Upper Bracket adalah mereka akan mendapatkan kesempatan satu kali lagi dan turun ke tangga turnamen terbawah (Lower Bracket) jika dikalahkan oleh lawannya dalam sebuah pertandingan. 

Adapun tim yang berada di Lower Bracket akan langsung tereliminasi apabila kalah dalam satu pertandingan. 

Klasemen akhir Regular Season MPL ID S11.YouTube/MPL Indonesia Klasemen akhir Regular Season MPL ID S11.

Terkait tim yang berada di Lower Bracket, tangga turnamen ini akan diisi oleh empat tim yang berada di posisi ketiga hingga keenam dalam klasemen akhir Regular Season MPL ID S11. 

Keempat tim tersebut secara berurutan adalah Bigetron Alpha (4 poin), Geek Slate (3 poin), Evos Legends (1 poin), dan Alter Ego Esports (-7 poin). 

Baca juga: Kompetisi Mobile Legends MSC 2023 Digelar di Kamboja 10 Juni 2023

Sementara itu, dua tim terbawah di klasemen akhir Regular Season MPL ID S11, yaitu Rebellion Zion (-11 poin) dan Aura Fire (-16 poin) yang berada di posisi ketujuh dan kedelapan, gagal masuk ke babak Playoff dan langsung tereliminasi dari turnamen. 

Selengkapnya, berikut hasil klasemen akhir babak Regular Season MPL ID S11, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MPLIndonesia, Senin (27/3/2023).

Posisi Nama tim Jumlah pertandingan (menang-kalah) Jumlah game (menang-kalah) Total skor (poin)
1. Onic Esports 13-1 27-8 19
2. RRQ 9-5 22-15 7
3. Bigetron Alpha 8-6 19-15 4
4. Geek Slate 8-6 20-17 3
5. Evos Legends 7-7 18-17 1
6. Alter Ego Esports 6-8 13-20 -7
7. Rebellion Zion 4-10 11-22 -11
8. Aura Fire 1-13 10-26 -16

Bracket dan jadwal babak Playoff MPL ID S11

Ilustrasi bracket Playoff MPL ID Season 11.YouTube/MPL Indonesia Ilustrasi bracket Playoff MPL ID Season 11.

Babak Playoff MPL ID S11 akan digelar selama satu pekan pada 5-9 April 2023 mendatang. Dalam babak ini, format pertandingan yang bakal digunakan adalah lima game terbaik (Best of 5/BO5).

Namun khusus untuk babak Grand Final yang bakal digelar pada 9 April 2023 nanti, format pertandingan yang bakal diterapkan adalah tujuh game terbaik (Best of 7/BO7).

Artinya, suatu tim akan dikatakan menang di pertandingan BO5 apabila berhasil mendapatkan tiga kemenangan dari lima game yang tersedia.

Sementara itu di babak Grand Final, sebuah tim akan memenangkan pertandingan apabila mendapatkan empat kemenangan dari tujuh game yang tersedia.

Nah, pada awal babak Playoff MPL ID Season 11 yang bakal digelar pada 5 April nanti, empat tim akan dipertemukan dalam dua pertandingan Ronde Pembuka, mereka adalah Bigetron Alpha vs Alter Ego Esports dan Geek Slate vs Evos Legends.

Baca juga: Hero Minsitthar di Mobile Legends Dapat Kemampuan Baru

Nantinya, pemenang di pertandingan Bigetron Alpha vs Alter Ego Esports akan melaju ke Upper Bracket dan menantang RRQ pada 6 April mendatang. Sementara itu, pemenang laga Geek Slate vs Evos Legends akan bertemu dengan Onic Esports di hari yang sama. 

Belum diketahui pukul berapa tiap pertandingan di Playoff MPL ID S11 bakal digelar. Namun yang jelas, kompetisi ini nantinya bisa ditonton secara online, sesuai dengan jadwalnya, di kanal YouTube MPL Indonesia di tautan berikut ini.

Selengkapnya, berikut jadwal lengkap babak Playoff dan Grand Final MPL ID S11 yang bakal digelar pada 5-9 April 2023 mendatang. 

Rabu, 5 April 2023

  • Bigetron Alpha vs Alter Ego Esports
  • Geek Slate vs Evos Legends

Kamis, 6 April 2023

  • RRQ vs Bigetron Alpha/Alter Ego Esports
  • Onic Esports vs Geek Slate/Evos Legends

Jumat, 7 April 2023

  • Belum diumumkan
  • Belum diumumkan

Sabtu, 8 April 2023

  • Belum diumumkan

Minggu, 9 April 2023

  • Belum diumumkan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com