Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim PUBG Mobile Indonesia Raih Medali Emas SEA Games 2023

Kompas.com - Diperbarui 15/05/2023, 08:24 WIB

KOMPAS.com - Indonesia mendapatkan satu lagi medali dari cabang olahraga (cabor) e-sports di SEA Games 2023 Kamboja. Tim PUBG Mobile Indonesia (INA 2) meraih medali emas.

Ini adalah kedua kalinya Indonesia mendapat emas untuk cabor e-sports nomor PUBG Mobile kategori beregu di ajang SEA Games. Pada SEA Games 2021 lalu, Indonesia juga meraih emas.

Tim Indonesia 2 (INA 2) berada di puncak klasemen akhir babak final hari ketiga yang digelar, Minggu (14/5/2023). Pada babak final ini, tim Indonesia bermain enam ronde seperti pada dua hari sebelumnya.

Ilustrasi roster timnas Indonesia untuk cabor e-sports PUBG Mobile di SEA Games 2023.PBESI Ilustrasi roster timnas Indonesia untuk cabor e-sports PUBG Mobile di SEA Games 2023.

Secara keseluruhan, skuad INA 2 mendulang sebanyak 178 poin. Adapun medali perak diraih oleh tim Vietnam 1 dengan 152 poin. Kemudian medali perunggu diraih oleh Vietnam 2 dengan raihan 151 poin, dan di peringkat keempat ada Malaysia 1 dengan torehan 145 poin.

Sementara tim Indonesia 1 (INA 1) berada di peringkat kelima dengan perolehan 124 poin.

Baca juga: Tumbangkan Filipina, Tim MLBB Women Indonesia Raih Emas SEA Games 2023

Jalannya pertandingan

Keseruan pertandingan hari terakhir babak Final PUBG Mobile di SEA Games 2023PUBG Mobile Esports Keseruan pertandingan hari terakhir babak Final PUBG Mobile di SEA Games 2023
Pada ronde ke-13 di peta Sanhok, tim INA 1 yang digawangi RedFace, SVAFVEL, Rosemary, dan Potato melakukan blunder besar pada menit-menit awal. Mereka "kecolongan" oleh tim TLS 2 (Timor Leste) EvoX yang bersembunyi dan berhasil melakukan 1 v 4.

Sementara itu, tim INA 2 (Ponbit, Satar, Lapar, Yummy) yang bermain pasif akhirnya ditaklukkan oleh tim VIE 1 pada late game sehingga mereka harus puas dengan 4 poin eliminasi dan posisi Top 4.

"Winner Winner Chicken Dinner" (WWCD) didapatkan oleh VIE 1 sehingga poin tim itu meningkat menjadi 124, selisih 14 poin dengan INA 2 (138 poin) yang memuncaki klasemen sementara partai final.

Kemudian pada ronde ke-14 di peta Miramar, INA 1 gagal meningkatkan poin karena mereka "rata" oleh VIE 2.

Hal ini berbeda dengan INA 2 yang berhasil mengumpulkan tiga poin eliminasi saat melawan MYA 2 (Myanmar 2).

Meski dua pemain dari INA 2 langsung tumbang, INA Yummy menjadi pahlawan karena berhasil melakukan "trade" dan menolong ketiga rekan timnya yang "down".

Akan tetapi, tak lama kemudian INA 2 tereliminasi karena posisinya yang terekspos saat melakukan rotasi, sehingga mereka ditembak oleh beberapa tim lawan dari segala arah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Liquipedia
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com