Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Gambar yang Tidak Bisa Diunduh di Gmail pada HP Android

Kompas.com - 21/01/2024, 12:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Gmail merupakan layanan e-mail berbasis web. Kendati demikian pengguna bisa mengakses Gmail lewat aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Di sini pengguna juga bisa mengunduh lampiran gambar di Gmail.

Hal ini memudahkan pengguna yang ingin mengakses gambar atau foto yang dikirim di Gmail untuk disimpan di galeri ponsel. Namun tak jarang gambar di lampiran Gmail tidak bisa diunduh dengan baik di HP Android.

Hal ini biasanya diakibatkan oleh berbagai faktor. Mulai dari koneksi internet yang tidak stabil, data cache yang menumpuk, atau aplikasi Gmail yang masih berada di versi lama. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Selengkapnya berikut ini beberapa hal yang bisa Anda coba.

Baca juga: Cara Membuat Akun Gmail Baru di HP Android, Mudah dan Cepat

Cek koneksi internet Anda

Gmail membutuhkan internet untuk download file yang dikirimkan lewat e-mail. Maka dari itu apabila gambar atau foto yang tidak bisa diunduh bisa jadi karena koneksi internet tidak lancar.Cobalah untuk mengecek koneksi internet yang Apabila menggunakan jaringan data yang cukup bermasalah, Anda bisa mengalihkannya dengan menggunakan WiFi.

Atur izin penyimpanan ponsel Anda

Berikan Gmail izin untuk mengakses penyimpanan ponsel Anda agar bisa menyimpan lampiran email. Jika hingga saat ini belum memberikan izin tersebut, lakukan langkah-langkah berikut di sebagian besar ponsel Android:

  • Buka "Setelan" di ponsel Anda.
  • Pilih "Aplikasi" atau "Manajer Aplikasi," tergantung pada model ponsel Anda.
  • Cari dan pilih "Gmail" dari daftar aplikasi.
  • Pilih "Izin" atau "Izinkan aplikasi."
  • Temukan opsi yang berkaitan dengan "Foto dan Video."
  • Ketuk "Izinkan" untuk memberikan akses ke penyimpanan ponsel.
  • Dengan memberikan izin tersebut, Gmail dapat menyimpan lampiran email dengan lebih baik di penyimpanan ponsel Anda.

Hapus cache aplikasi Gmail

Cache merupakan data yang tersimpan sementara yang digunakan dalam berbagai konteks komputasi untuk menyimpan data atau hasil proses yang sering diakses atau diperlukan dengan cepat.

Namun cache yang menumpuk bisa jadi menyebabkan aplikasi Gmail mengalami bug atau eror tertentu. Salah satunya tidak bisa mengunduh gambar di Gmail. Cobalah untuk menghapus cache Gmail di HP Android dengan cara berikut ini.

  • Buka setelan
  • Pilih “Aplikasi” dan “Kelola aplikasi”
  • Pilih “Gmail”
  • Pilih “Hapus data” dan klik “Hapus cache”

Memperbarui aplikasi Gmail

Aplikasi dengan versi lama juga akan membuat Gmail mudah mengalami bug dan eror. Bisa jadi gambar atau foto yang tidak bsa diunduh diakibatkan karena aplikasi berada di versi lama. Cobalah cek toko aplikasi Anda dan perbarui Gmail agar mengatasi eror yang terjadi.

Restart ponsel

Restart ponsel seringkali efektif untuk mengatasi beberapa masalah atau bug pada perangkat. Ini terjadi karena restart memberikan kesempatan bagi sistem operasi dan aplikasi untuk memulai ulang, membebaskan sumber daya yang mungkin telah terkunci atau mengalami masalah.

Maka dari itu cobalah untuk memuat ulang ponsel Anda setelah itu cek kembali aplikasi Gmail dan unduh kembali gambar atau foto tersebut.

Baca juga: Cara Hapus E-mail di Gmail yang Berukuran Besar dengan Cepat

Demikian cara mengatasi gambar yang tidak bisa diunduh di Gmail di HP Android. Semoga membantu. Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com