Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Infinix Pamer Desain Punggung HP dengan Bintik Warna yang Bisa Diubah

Kompas.com - 28/02/2024, 13:30 WIB
Soffya Ranti,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Infinix memperkenalkan teknologi prototipe terbarunya yang diberi nama E-Color Shift pada ajang Mobile World Congress (MWC) Barcelona, Spanyol. Ini merupakan versi lebih canggih dari desain sebelumnya. Bagian punggung ponsel gaming ini dapat berubah banyak warna.

Pembaruan konsep terbaru ini memperkenalkan fitur yang lebih dinamis. Bagian belakang ponsel dapat berubah warna dengan spektrum pilihan lebih luas dan kemampuan pengguna mengatur setiap segmen secara mandiri.

Desain inovatif ini didukung oleh teknologi canggih bernama E Ink Prism 3, serupa dengan teknologi pembaca e-book. Keunggulan teknologi ini terletak pada efisiensi penggunaan daya, hanya memerlukan daya saat mengubah warna, dan setelah diatur, warnanya tetap tanpa memerlukan daya lagi.

Bahkan, teknologi ini mampu bekerja lebih baik daripada layar dengan warna tetap, memungkinkan segmen-segmen pada layar berubah warna dengan sangat cepat. Konsep ini juga membuka peluang untuk memuat berbagai loop animasi.

Infinix mengklaim bahwa jika konsep ini diaplikasikan dalam perangkat nyata, akan ada aplikasi yang memungkinkan pengguna menyesuaikan tampilan ponsel mereka dengan mengganti warna atau memainkan berbagai animasi.

Baca juga: Melihat Booth ZTE di MWC Barcelona 2024, Luas dan Ada 4 Zona Teknologi

Namun, perlu diperhatikan bahwa desain ini memiliki empat segmen dalam kotak 2x2 (dengan pola berlian yang lebih gelap di tengah yang sudah tetap). Meskipun demikian, jumlah segmen tersebut sudah cukup untuk menciptakan animasi yang menarik.

Menariknya, teknologi E Ink tidak terbatas pada bentuk persegi panjang. Desainer Infinix dapat menggunkan bentuk-bentuk kreatif seperti garis-garis untuk memberikan tampilan yang lebih unik, sebagimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Rabu (28/2/2024).

Infinix menyatakan bahwa dengan terus berkembangnya teknologinya, mereka dapat menciptakan hingga 60 area berbeda yang dapat disesuaikan. Animasi yang dihasilkan juga cukup cepat untuk digunakan dalam berbagai notifikasi, mirip dengan antarmuka Glyph di Nothing Phone.

Meskipun demikian, Infinix masih menghadapi beberapa kendala yang perlu diatasi sebelum teknologi ini benar-benar praktis untuk digunakan. Namun, perusahaan optimis bahwa E-Color Shift akan tiba di pasar konsumen dalam satu atau dua tahun mendatang.

Baca juga: Smartphone Infinix Hot 40 Pro dan Hot 40i Resmi di Indonesia, Harga mulai Rp 1 Jutaan

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno.

Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com