Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 29/02/2024, 14:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa panduan dalam mengatasi masalah yang umum terjadi pada perangkat HP (handphone). Salah satu panduan itu seperti cara mengatasi HP tidak ada suara.

Masalah HP tidak ada suara atau speaker mati bakal merepotkan pengguna. Speaker merupakan bagian yang penting pada HP. Segala jenis suara yang dihasilkan HP keluar melalui speaker.

Baca juga: 10 Cara Masuk Recovery Mode HP Android untuk Berbagai Model, Mudah dan Praktis

Saat speaker tidak bersuara alias mati, pengguna tak akan bisa mendengar notifikasi, suara telepon, dan suara dari berbagai media seperti musik atau video. Lantaran bakal merepotkan, pengguna perlu mengetahui cara memperbaiki speaker HP yang tidak bersuara.

Lantas, bagaimana cara mengembalikan suara HP yang hilang? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai cara mengatasi HP tidak ada suara.

Penyebab HP tidak ada suara

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya pengguna mengetahui penyebab HP tidak ada suara. Dengan mengetahui penyebabnya, pengguna setidaknya bisa menentukkan bagaimana cara memperbaiki speaker HP yang tidak bersuara.

Lantas, kenapa HP tidak bisa mengeluarkan suara? Ada beberapa penyebab HP tidak ada suara. Penyebab pertama bisa ditimbulkan dari masalah pengaturan perangkat. Misalnya, volume HP ternyata turun atau mati, sehingga speaker tidak mengeluarkan suara.

Kemudian, penyebab HP tidak ada suara juga bisa timbul karena terdapat gangguan pada sistem perangkat lunak. Gangguan sistem bisa menyebabkan beberapa masalah kinerja HP, termasuk tak menutup kemungkinan menyebabkan masalah pada speaker.

Selanjutnya, penyebab HP tidak ada suara juga bisa dikarenakan terdapat kerusakan pada komponen speaker. Saat komponen rusak, HP tidak akan bisa mengeluarkan suara dengan normal, bisa saja lirih atau bahkan tidak keluar sama sekali.

Itulah beberapa penyebab HP tidak ada suara yang perlu diketahui. Setelah mengetahui penyebabnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi HP tidak ada suara dengan mudah dan praktis.

Cara mengatasi HP tidak ada suara

Cara mengatasi HP tidak ada suara itu sejatinya cukup mudah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna. Misalnya, yang pertama, pengguna bisa memeriksa dulu pengaturan volume pada HP.

Kemudian, pengguna juga bisa memastikan bahwa HP tidak tersambung dengan perangkat audio eksternal. Selain itu, masih terdapat banyak cara lagi untuk mengatasi HP tidak ada suara. Adapun beberapa cara memperbaiki speaker HP mati adalah sebagai berikut.

1. Cek pengaturan volume HP

Cara mengatasi HP tidak ada suara yang pertama adalah dengan memeriksa pengaturan volume. Speaker yang tidak mengeluarkan suara bisa jadi karena volume audio HP turun atau mati. Pengguna bisa memeriksa volume HP dengan menekan tombol volume naik.

2. Pastikan HP tidak tersambung dengan perangkat audio eksternal

Kedua, pastikan HP tidak tersambung dengan perangkat audio eksternal seperti speaker bluetooth, earbuds, atau headset. Saat tersambung ke perangkat itu, suara dari HP tidak akan dikeluarkan melalui speaker internal.

Akan tetapi, suara bakal dikeluarkan melalui perangkat audio eksternal. Oleh karena itu, jika speaker internal tak mengeluarkan suara, pengguna perlu memastikan HP tidak tersambung dengan perangkat itu.

3. Matikan mode Jangan Ganggu

Cara mengatasi speaker HP yang tidak bersuara berikutnya adalah dengan mematikan mode Jangan Ganggu atau dikenal juga dengan mode Do Not Disturb. Mode ini dapat membuat HP tidak menampilkan notifikasi dan suara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com