Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 19/03/2024, 15:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui penyebab beberapa masalah yang umum terjadi saat mengoperasikan aplikasi WhatsApp atau biasa disingkat WA. Salah satunya seperti penyebab WA tidak bisa mengirim pesan.

Penyebab tersebut perlu diketahui supaya pengguna nanti dapat menemukan solusi untuk mengatasi masalah WhatsApp tidak bisa mengirim pesan. Perlu diketahui, dalam kondisi normal, saat pengguna mengirim chat di WA, chat itu bakal diterima kontak tujuan.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka dengan Mudah dan Praktis

Akan tetapi, saat masalah ini terjadi, chat WA yang dibuat pengguna bisa saja tidak terkirim. Chat tersebut bakal berstatus “jam” yang menandakan tidak terkirim. Ketika masalah WA tidak bisa mengirim pesan terjadi, pengguna bakal kerepotan.

Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui penyebab WA tidak bisa mengirim pesan. Dengan demikian, ketika masalah ini terjadi, pengguna tak perlu panik dan bisa mengidentifikasi solusi penyelesaiannya.

Lantas, sebenarnya kenapa tidak bisa mengirim pesan di WhatsApp? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai penyebab WA tidak bisa mengirim pesan yang perlu diketahui.

Penyebab WA tidak bisa mengirim pesan

Ada beberapa penyebab yang memungkinkan aplikasi WhatsApp di HP pengguna tidak dapat dipakai untuk mengirim pesan. Penyebab-penyebab ini bisa ditimbulkan dari berbagai faktor seperti masalah koneksi internet dan gangguan pada sistem aplikasi.

Penyebab WA tidak bisa mengirim pesan yang pertama adalah perangkat atau HP tidak memiliki koneksi internet yang memadai. Pengoperasian layanan WhatsApp bergantung dengan koneksi internet. Jika koneksi buruk, pengguna tak akan bisa mengirim chat WA.

Penyebab WA tidak bisa mengirim pesan yang berikutnya adalah terdapat bug atau gangguan pada sistem aplikasi dan HP yang dipakai. Gangguan itu dapat menyebabkan berbagai masalah pengoperasian aplikasi.

Kemudian, penyebab WA tidak bisa mengirim pesan adalah versi aplikasi WhatsApp yang digunakan pengguna sudah usang. WhatsApp versi lama kadang membawa sejumlah gangguan yang mengganggu pengoperasiannya di HP.

Selanjutnya, masalah ini bisa disebabkan pula karena sistem operasi HP yang dipakai sudah terlalu usang. Aplikasi WhatsApp memiliki persyaratan minimum sistem operasi HP yang harus diperhatikan pengguna.

Jika sistem operasi HP terlalu lama atau tidak memenuhi syarat minimum, pengguna tak akan bisa menggunakan aplikasi WhatsApp untuk berkirim pesan. Itulah beberapa penyebab WA tidak bisa mengirim pesan yang perlu diketahui.

Penyebab-penyebab ini penting diketahui supaya pengguna dapat mengidentifikasi masalah dan menentukan solusi yang akan dilakukan. Lantas, bagaimana cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa mengirim pesan?

Jika menjumpai masalah ini, pengguna tak perlu panik. Untuk cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan, penjelasannya bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan itu pada dasarnya cukup mudah. Ada banyak pilihan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Misalnya, pengguna bisa memulai dengan memeriksa koneksi internet yang terhubung di HP.

Kemudian, pengguna juga bisa memeriksa apakah server aplikasi WhatsApp mengalami gangguan. Selain itu, masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan. Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan adalah sebagai berikut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com