Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Call of Duty Warzone Mobile" Dibanjiri Rating Rendah di Google Play Store

Kompas.com - 26/03/2024, 18:01 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game tembak-menembak bikinan Activision, Call of Duty Warzone Mobile (COD Warzone Mobile) resmi dirilis secara global untuk platform iOS dan Android pada Kamis (21/4/2024) lalu.

Call of Duty Warzone Mobile mendapatkan ulasan yang baik di Apple App Store, tepatnya dengan rating 4.4 bintang dari 5 bintang. Namun beda nasib dengan COD Warzone Mobile versi Android yang dibanjiri rating jelek di Google Play Store.

Di wilayah Inggris, Call of Duty Warzone Mobile tercatat telah diulas oleh 195.000 pengguna, dengan rating 1.6 bintang dari 5 bintang. Pantauan KompasTekno di Google Play Indonesia sendiri, game ini mendapatkan rating 2.4/5 bintang dari 268.000 pengguna yang mengulas.

Ulasan COD Warzone Mobile yang negatif ini disebabkan oleh sejumlah faktor, misalnya karena optimisasi performa game yang buruk, grafik yang "burik", hingga berbagai celah kerusakan (bug) yang hadir di game.

Baca juga: Game COD Warzone Mobile Meluncur Global, Sudah Bisa Di-download di Indonesia

Ulasan Call of Duty Warzone Mobile di Google Play Store IndonesiaKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Ulasan Call of Duty Warzone Mobile di Google Play Store Indonesia
"(Saya) kecewa. Perangkat saya bisa menjalankan berbagai game berat tanpa ada masalah, tetapi game ini mengalami lag. Saya mengalami penurunan frame rate setiap 15 detik. Sangat tidak stabil," kata seorang pengguna yang memberi review 1 bintang.

"Sangat banyak masalah yang dimiliki game ini. Akan tetapi, bagian krusialnya adalah optimisasi game. Masalah terbesar yang saya alami adalah penurunan frame rate dan delay, walaupun grafik COD Warzone Mobile mirip seperti game tahun 2000-an," kata pengguna lain bernama Samuel.

"Kemudian, ada berbagai tekstur dalam game yang tidak muncul, misalnya tekstur senjata, operator, bahkan peralatan Buy Station menjadi tidak terlihat. Banyak sekali bug game ini dalam perilisannya, meskipun hal itu dapat diprediksi," lanjut Samuel dalam ulasannya yang memberikan skor 2 bintang.

Jika melihat ulasan di luar negeri, isu yang dialami pengguna juga identik, misalnya dari segi optimisasi performa.

"Saya bahkan tidak bisa masuk dalam game karena ponsel saya terlalu panas (overheat), walaupun menggunakan grafik Low. Game ini beberapa kali error (crash), punya frame rate buruk, dan controller-nya kurang dioptimalkan," kata seorang pengguna dengan review 1 bintang, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Gfinity Esports, Selasa (26/3/2024).

Meski mendapatkan ulasan buruk, skor Call of Duty Warzone Mobile di wilayah Amerika Serikat dan Inggris mulai meningkat secara signifikan menjadi 3.6 bintang dari 5 bintang. Sementara itu, skor di Indonesia belum menembus rating 3 bintang.

Rating tinggi di iOS

Ulasan Call of Duty Warzone Mobile di Apple App StoreKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Ulasan Call of Duty Warzone Mobile di Apple App Store
Berbeda dari versi Android, Call of Duty Warzone Mobile mendulang rating 4,4/5 bintang di iOS. Game ini menempati posisi pertama sebagai permainan aksi terpopuler di iOS.

Baca juga: Spesifikasi HP Android dan iPhone untuk Main COD Warzone Mobile

Hal ini dikarenakan oleh pengoptimalan performa yang lebih baik berkat perpustakaan (library) perangkat keras iOS yang lebih kecil.

Oleh sebab itu, CoD Warzone Mobile bisa berjalan dengan mulus tanpa isu performa yang dialami pengguna Android.

Walaupun demikian, sejumlah pengguna iOS melemparkan sejumlah kritik misalnya seputar bug dalam game, serta grafik dan tekstur dalam game yang berkualitas rendah.

Pengguna yang ingin mencoba Call of Duty Warzone Mobile dapat mengunduhnya di Android lewat tautan berikut ini, dan di iOS lewat tautan ini.

Game ini berfokus pada mode battle royale dan menghadirkan sistem cross-progression, yang memungkinkan pengguna untuk melanjutkan progres permainan mereka di CoD Warzone Mobile, jika sebelumnya sudah bermain CoD Warzone/Modern Warfare 3 di PC atau konsol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com