Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKEA Rekrut Gamer "Roblox" untuk Jualan Bakso di Toko Virtualnya

Kompas.com - Diperbarui 08/06/2024, 11:36 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber kotaku.com

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat perabot rumah tangga asal Swedia, IKEA, membuka toko virtualnya bernama "The Co-Worker Game" di permainan Roblox mulai 24 Juni 2024.

Rencananya, IKEA akan merekrut setidaknya 10 gamer Roblox untuk menjalankan toko virtual tersebut.

Mereka akan bekerja di beberapa area, seperti mendampingi konsumen memilih dan membeli furniture, serta melayani pembeli di restorannya, IKEA Bistro yang menjual aneka menu makanan dan minuman, termasuk bakso.

Jadi, para gamer Roblox itu bakal bekerja seperti karyawan IKEA di dunia nyata. Hanya saja, kegiatan mereka akan berkutat di dunia virtual.

Bagi yang belum familier, Roblox adalah multiplayer game experience atau permainan pengalaman yang kurang lebih mirip Minecraft.

Roblox menghadirkan berbagai peralatan yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk menciptakan dunia (world) atau permainannya sendiri, mulai dari game tembak-menembak mirip Counter-Strike 2, game horor, hingga permainan simulasi kehidupan ala The Sims.

Baca juga: Roblox Rilis Fitur Penerjemah Chat secara Otomatis, Ada Bahasa Indonesia

Deretan game ini nantinya bisa dimonetisasi. Pengguna lainnya pun bisa mencoba berbagai game itu kemudian membeli konten (item) digital dengan uang sungguhan, misalnya senjata di game tembak-menembak atau kostum (skin) di game simulasi kehidupan.

Nah, IKEA menggunakan alat ini untuk membuat toko virtual The Co-Worker Game. Hal ini bertujuan untuk mengajar generasi muda terkait jalur karier yang tersedia di IKEA.

Toko virtual ini memiliki tampilan seperti toko offline IKEA pada umumnya, dengan berbagai departemen seperti Showroom untuk memamerkan furnitur dan Bistro sebagai restoran.

Karyawan yang bekerja di The Co-Worker Game bakal digaji 13,15 pound sterling atau sekitar Rp 274.101 per jam, dan berkesempatan mendapatkan hadiah berupa item IKEA bikinan pengguna (user generated content/UGC).

Tidak dijelaskan apa saja item yang dibagikan gratis. IKEA juga tidak menjelaskan apakah produk furnitur dan makanan yang dijual hanya bersifat virtual, atau sifatnya seperti belanja produk sungguhan secara online.

Tampilan toko virtual Ikea di RobloxIkea Tampilan toko virtual Ikea di Roblox
Mekanisme pekerjaan ini belum dirincikan, apakah bakal menggunakan fitur obrolan teks (text chat), obrolan suara (voice chat), atau mekanisme interaksi lainnya.

Pengguna yang tertarik bekerja di toko IKEA di Roblox mesti mendaftarkan diri di situs resmi IKEA, kemudian menjawab sejumlah pertanyaan seperti "Apa perasaan Anda bila diubah menjadi piksel?" dan "Apa yang Anda lakukan jika departemen Bistro kehabisan sosis hot dog?".

Pengguna juga diminta untuk mengisi nama depan dan belakang, nomor telepon, alamat e-mail, tanggal lahir, serta username di berbagai platform media sosial.

Baca juga: IKEA Jepang Bikin Katalog dengan Model Palsu

Tawaran bekerja ini hanya berlaku bagi pengguna berusia lebih dari 18 tahun di area Inggris Raya dan Irlandia. Pekerjaan ini bersifat jarak jauh (remote), sehingga pengguna tidak perlu bekerja langsung di toko offline IKEA.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com