Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Siapkan Kamera 150 Megapiksel untuk Xiaomi?

Kompas.com - 20/03/2020, 16:35 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Baru saja meluncurkan Galaxy S20 Ultra dengan kamera 108 megapiksel, kini Samsung kabarnya tengah bersiap menghadirkan sensor kamera dengan resolusi lebih tinggi lagi, mencapai 150 megapiksel.

Sensor ini disinyalir akan memiliki ukuran fisik sekitar 1 inci dan turut dibekali teknologi Nonacell yang menggabungkan tiap 9 piksel menjadi satu (3x3) untuk meningkatkan kualitas hasil akhir, seperti halnya kamera 108 megapiksel di Galaxy S20 Ultra.

Baca juga: Seperti Inilah Jeroan Kamera 108 MP dan Zoom 100X Galaxy S20 Ultra

Artinya, resolusi default dari sensor kamera tersebut kemungkinan sebesar 16 megapiksel (150/9), dengan opsi untuk menjepret foto dengan resolusi penuh sebesar 150 megapiksel.

Informasi di atas berasal dari sebuah website Korea bernama Clien.net yang disebarluaskan oleh pengguna Twitter bernama @Kuma_Sleepy, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechRadar, Jumat (20/3/2020).

Dalam kicauannya, @Kuma_Sleepy mengatakan vendor ponsel yang akan pertama kali memakai sensor 150 megapiksel itu justri bukan Samsung sendiri, melainkan Xiaomi, pada kuartal keempat 2020.

Setelah Xiaomi, masih menurut @Kuma_Sleepy, sensor kamera Samsung akan dipakai di perangkat buatan Oppo dan Vivo yang menggunakan chip kelas kelas atas generasi mendatang dari Qualcomm -sebut saja Snapdragon 875- pada kuartal pertama 2021.

Baca juga: Sama-sama 108 MP, Ini Bedanya Kamera Galaxy S20 Ultra dan Mi Note10 Pro

Untuk kamera 108 megapiksel sebelumnya, Samsung memang baru belakangan memakainya di produk ponsel sendiri (Galaxy S20 Ultra), setelah Xiaomi (Mi Note 10 Pro), meski kedua ponsel menggunakan jenis sensor berbeda.

Meski demikian, ada juga kemungkinan bahwasensor 150 megapiksel baru ini hanya akan dipakai oleh para vendor ponsel rekanan Samsung di China, yakni Xiaomi, Oppo, dan Vivo tadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber TechRadar


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com