Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PS5 Bisa Mainkan Game PS4, Kecuali 10 Judul Ini

Kompas.com - 14/10/2020, 15:12 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Sony resmi mengumumkan bahwa konsol PlayStation 5 (PS5) memiliki backward compatibility sehingga bisa menjalankan game PS4.

Kini, Sony Interactive Entertainment VP Hideaki Nishino menyampaikan kabar terbaru terkait hal tersebut melalui sebuah pengumuman di blog resmi PlayStation.

Nishino mengonfirmasikan bahwa hampir seluruh game PS4, yang saat ini tercatat mencapai 4.000 game, dapat dimainkan di konsol PS5.

Baca juga: PlayStation 5 Dibongkar, Seperti Apa Jeroannya?

"Kami dengan bangga mengumumkan bahwa lebih dari 99 persen game PS4 akan dapat dimainkan di PS5," tulis Nishino dalam blog PlayStation.

Lebih lanjut, Sony turut menyebut bahwa pemain tak hanya dapat mengunduh game PS4 mereka melalui PS5, melainkan juga bisa melakukan transfer data game melalui slot penyimpanan eksternal atau melalui jaringan WiFi.

Selain menyampaikan kabar tersebut, Nishino turut mengungkap daftar 10 judul game yang tidak dapat dimainkan di PS5. Demi memudahkan para pemain, Sony turut memberikan label khusus pada 10 game ini, yang berbunyi: "Playable on: PS4 only".

Baca juga: Tiga Game PlayStation 5 Ini Juga Akan Hadir di PS4

Hal ini ditujukan agar para pemain bisa mengetahui game mana saja yang hanya dapat dimainkan di PS4 alias tidak dapat dimainkan di PS5.

Daftar 10 game PS4 yang tidak dapat dijalankan pada PS5 adalah sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PlayStation Blog, Rabu (14/10/2020).

- DWVR
- Afro Samurai 2 Revenge of Kuma Volume One
- TT Isle of Man - Ride on the Edge 2
- Just Deal With It!
- Shadow Complex Remastered
- Robinson: The Journey
- We Sing
- Hitman Go: Definitive Edition
- Shadwen
- Joe’s Diner


Untungnya, selain DWVR dan Hitman Go, bisa dibilang tak ada judul game PS4 yang sangat populer di dalam daftar tersebut.

Meski telah diumumkan secara resmi, namun tidak menutup kemungkinan bagi Sony untuk terus menambah game-game PS4 lain yang belum mendukung kemampuan backwards compatibility di PS5.

PS5 akan segera diluncurkan pada 12 November mendatang di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan.

Baca juga: Resmi, Ini Harga dan Jadwal Kehadiran PlayStation 5

Satu pekan setelahnya, tepatnya 19 November, barulah konsol game penerus PS4 tersebut bakal diluncurkan serentak secara global

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com