Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Bos Baru WhatsApp Indonesia | Maraknya iPhone "No Service" | Poster Festival Musik Instafest Spotify yang Viral di Medsos

Kompas.com - 29/11/2022, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Di awal pekan, berita soal keluhan pengguna iPhone ex-inter yang mengalami kendala "No Service" atau tidak terhubung ke jaringan operator seluler, menjadi topik yang menarik perhatian pembaca KompasTekno.

Penyebabnya diduga lantaran nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) iPhone mereka tidak terdaftar di database Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Sehingga, perangkat mereka diblokir untuk mengakses jaringan operator seluler di Indonesia.
Soal maraknya iPhone ex-inter dengan IMEI bodong ini, pemerintah akhirnya angkat bicara.

Selain soal iPhone ex-inter yang mengalami "No Service", kabar soal bos baru WhatsApp di Indonesia juga ramai dibaca. Artikel lain tentang cara membuat poster festival musik berdasarkan playlist Spotify bernama Instafest yang viral di media sosial juga cukup banyak dibaca.

Berikut rangkuman berita terpopuler di kanal KompasTekno sepanjang Senin (28/11/2022).

Baca juga: [POPULER TEKNO] Data 487 Juta Pengguna WhatsApp Bocor | AS Larang Impor Produk Huawei dan ZTE | 6 Tanda WA Diblokir Seseorang

Bos baru WhatsApp Indonesia, Calvin Kizana

WhatsApp mengumumkan Calvin Kizana sebagai Head of WhatsApp Indonesia yang pertama. Disebut pertama karena selama ini urusan WhatsApp di Indonesia ditangani oleh Meta, atau perwakilan WhatsApp dari wilayah lainnya.

Penunjukkan Calvin sebagai pemimpin WhatsApp di Indonesia juga diklaim menunjukkan pentingnya Indonesia bagi perusahaan teknologi pengiriman pesan asal Amerika Serikat tersebut.

Sebagai Head of WhatsApp Indonesia, Calvin Kizana akan berkantor di Jakarta dan memperkuat kemitraan lokal WhatsApp di Indonesia.

Calvin bukanlah sosok baru di dunia teknologi. Dia pernah menjabat sebagai COO GoPlay, perusahaan platform live-streaming buatan Gojek dan mendirikan startup. Bagaimana sosok Calvin Kizana, bos pertama WhatsApp Indonesia? Profil Calvin Kizana bisa disimak di artikel "Calvin Kizana Diangkat Jadi Bos WhatsApp Indonesia".

Fitur baru Google Messages mirip WhatsApp

Aplikasi perpesanan buatan Google, Messages memiliki fitur baru yang mirip dengan WhatsApp. Fitur baru tersebut adalah memberikan reaksi dengan emoji.

Sebelumnya, fitur reaksi emoji yang mirip WhatsApp itu sudah tersedia di layanan Google lain, seperti Google Docs. Kini, fitur itu diperluas untuk Google Messages.

Namun, tampilan reaksi emoji ini berbeda dari yang ada di layanan Google sebelumnya. Seperti apa tampilannya? Selengkapnya ada di artikel "Fitur Baru Google Messages Mirip WhatsApp".

Viral poster festival musik Instafest Spotify

Belakangan, media sosial diramaikan dengan tren baru yakni membagikan poster festival musik impian. Poster itu bukan resmi dibuat promotor yang menyelenggarakan festival musik.

Namun, poster itu dibikin oleh pengguna Spotify berdasarkan lagu yang sering diputar di platform musik alir itu. Jadi, line up atau daftar musisi yang "tampil" adalah penyanyi favorit yang sering didengarkan di Spotify.

Cara membuat poster festival musik impian di Instafest Spotify bisa dilakukan dengan mengikuti tutorial di artikel "Ramai di Twitter Poster Festival Musik dari Instafest Spotify, Begini Cara Membuatnya".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com