Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna TikTok di iOS Bisa Login Tanpa Password

Kompas.com - 18/07/2023, 14:01 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna TikTok di iOS kini bisa login ke akun tanpa menggunakan password. Pasalnya, TikTok kini memperluas opsi keamanan mereka di iOS dengan dukungan Passkey iPhone untuk masuk ke aplikasi.

Passkey sendiri adalah mekanisme masuk (login) ke dalam akun tertentu menggunakan sistem biometrik seperti informasi FaceID atau TouchID yang tersimpan di iPhone. Menurut Apple, opsi ini lebih aman ketimbang memakai kata sandi (password).

Selain itu, dukungan passkey di TikTok juga memangkas ketergantungan pengguna iOS dari penggunaan kata sandi berbasis teks. Dengan begitu, data profil pengguna di aplikasi TikTok juga akan menjadi terbatas ketika misalnya diretas.

Baca juga: Project S, Cara TikTok Jualan Produk Sendiri yang Ancam Pedagang Kecil

"Aplikasi yang memakai passkey, termasuk TikTok, tidak bisa mengakses atau memproses data biometrik apa pun yang dipakai dalam proses autentikasi di perangkat iOS, dan semua data autentikasi biometrik tetap ada di perangkat pengguna," kata TikTok, dikutip KompasTekno dari situs resmi TikTok, Selasa (18/7/2023).

TikTok kinni dukung passkey iPhoneTikTok TikTok kinni dukung passkey iPhone

Semula, pengguna harus masuk ke akun TikTok dengan memakai e-mail, Facebook, Apple ID, atau akun Google.

Semua opsi ini juga membutuhkan penggunaan kata sandi. Nah, dengan adanya dukungan passkey, pengguna TikTok di iOS hanya perlu login dengan sistem biometrik yang dipakai di iPhone.

Dukungan passkey di TikTok versi iOS akan hadir bagi pengguna di Asia, Afrika, Australia, dan Amerika Selatan pada Juli ini. Ke depannya, fitur ini juga bakal dirilis ke semua pengguna TikTok di seluruh dunia.

Dukungan passkey ini sebenarnya juga sudah siap dibawa ke TikTok versi Android. Namun, sebagai tahap awal, opsi passkey di TikTok baru ada untuk pengguna iOS.

Baca juga: TikTok Jualan Produk Sendiri lewat Project S, dari Mana Barangnya?

TikTok sepakat kurangi ketergantungan password

Dalam kesempataan yang sama TikTok juga mengumumkan pihaknya bergabung dengan Aliansi FIDO (Fast Identity Online), yaitu sebuah aliansi keamanan siber internasional yang ditujukan untuk mempromosikan standar autentikasi agar meminimalisasi ketergantungan kata sandi.

Jadi, aliansi ini mengembangkan spesifikasi teknis atau sebuah standar keamanan yang bisa diterapkan di lintas platform. Konsepnya sama seperti passkey yang bisa dipakai untuk login ke aneka layanan atau aplikasi.

Tak hanya TikTok, sejumlah perusahaan teknologi juga sudah bergabung dengan Aliansi FIDO, termasuk Apple, Google, Amazon, Intel, Microsoft, dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com