Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] - Centang Biru Instagram dan Facebook Kini Bisa Dibeli di Indonesia | TikTok Jualan Produk Sendiri lewat Project S, Barangnya dari China

Kompas.com - 15/07/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna Facebook dan Instagram di Indonesia kini bisa membeli centang biru melalui program Meta Verified. Program ini sebelumnya sudah diuji coba di Australia dan Selandia baru. Berita ini menjadi salah satu artikel teknologi terpopuler di KompasTekno.

Selain soal Meta Veriefied di Indonesia, berita populer lain datang dari cerita korban modus penipuan kerja freelance "like" dan "subscribe". Modus penipuan ini memang masih marak terjadi saat ini. Salah satu korban menceritakan bahwa dia merugi hingga Rp 15 juta.

Berita populer lainnya adalah soal Project S TikTok yang kini tengah menjadi sorotan pemerintah. Project ini memungkinkan TikTok menjual produknya sendiri. Menurut beberapa laporan, produk yang dijual dengan mekanisme Project S berasal dari China.

Berikut rangkuman berita teknologi populer KompasTekno selengkapnya.

Baca juga: [POPULER TEKNO] - Elon Musk Vs Mark Zuckerberg, Tajir Siapa? | Chatbot AI Google Bard Kini Bisa Bahasa Indonesia

Meta Verified tersedia di Indonesia

Layanan Meta Verified akhirnya tersedia di Indonesia pada Juli 2023 ini. Awalnya, layanan mirip Twitter Blue ini hanya diuji coba di Australia dan Selandia Baru saja.

Meta Verified merupakan layanan yang memungkinkan pengguna Instagram dan Facebook mendapatkan lencana atau centang biru serta sejumlah benefit lain, dengan cara membayar biaya langganan per bulan.

Kehadiran Meta Verified di Indonesia diumumkan secara langsung oleh CEO Meta Indonesia, Pieter Lydian lewat sebuah posting di akun Instagram pribadinya @pieterlydian.

"Dengan senang saya menyampaikan bahwa Meta Verified kini telah tersedia dan dapat dibeli secara langsung melalui Instagram atau Facebook di Indonesia," tulis akun @pieterlydian.

Pieter mengungkapkan, pengguna Instagram dan Facebook dapat berlangganan Meta Verified seharga Rp 100.000 per bulan untuk pengguna Instagram dan Facebook versi web. Sementara layanan Meta Verified untuk pengguna iOS dan Android dibanderol dengan harga lebih mahal, yakni Rp 130.000 per bulan.

Informasi selengkapnya bisa disimak di artikel "Pengguna Instagram dan Facebook di Indonesia Bisa Beli Centang Biru".

Cerita korban penipuan kerja "like" dan "subscribe" yang rugi belasan juta

Modus penipuan kerja online.Kompas.com/soffyaranti Modus penipuan kerja online.
Daftar korban penipuan bermodus menyukai (like) sebuah postingan dan produk, atau modus mengikuti (subscribe) sebuah akun tertentu terus bertambah.

Terbaru, seorang pengguna asal Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) berinisial MY (27) rugi hingga Rp 15 juta karena terjerumus modus penipuan yang bisa disebut "like and subscribe" ini.

Pada awalnya, MY, yang tengah mencari pekerjaan lewat suatu situs web online, menemukan suatu pekerjaan paruh waktu (part time) yang tidak menguras waktu, namun dengan bayaran atau komisi menggiurkan.

Selain itu, pekerjaan tersebut juga terbilang mudah dilakukan, karena, menurut MY, bisa dikerjakan melalui smartphone (HP).

MY menyebut bahwa pekerjaan part time yang ia dapat ini mewajibkan dia menyukai atau like sejumlah postingan produk di suatu toko online (e-commerce). Apabila sesuai dengan target yang diberikan, maka MY akan mendapatkan komisi yang telah ditentukan oleh si penipu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com