Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Pemilik Asli Akun @X, Diambil Elon Musk Tiba-tiba Tanpa Imbalan Uang

Kompas.com - 28/07/2023, 09:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Pemilik Twitter (kini X), Elon Musk merombak platformnya menjadi serba "X" mulai Juli 2023 ini. Awalnya, Musk mengubah logo Twitter menjadi "X" dan mengganti foto profil akun resmi dengan handle @Twitter dengan gambar "X".

X ini merujuk pada nama perusahaan yang kini berubah menjadi "X Corp." (sebelumnya Twitter Inc.). Musk juga berambisi membuat aplikasi X sebagai Super App.

Di tengah langkah rebranding Twitter mejadi X, Elon Musk baru-baru ini juga mengganti username atau handle @Twitter menjadi @X. Padahal, handle @X sebelumnya sudah dimiliki seseorang.

Menurut laporan terbaru, Elon Musk mengambil handle @X secara tiba-tiba dari pengguna Twitter dan tidak memberikan imbalan sepeser pun.

Baca juga: Akun Resmi @Twitter Tidak Ada Lagi, Kini Jadi @X

Handle @X diambil tiba-tiba

Usut punya usut, handle @X ternyata dimiliki oleh pengguna Twitter bernama Gene X Hwang. Hwang merupakan salah satu pendiri perusahaan foto acara Orange Photography.

Hwang diketahui sudah menggunakan akun Twitter dengan handle @X sejak Maret 2007 atau sejak awal Twitter meluncur.

Menurut cerita Hwang, Elon Musk tiba-tiba mengambil alih username @X yang selama ini ia gunakan. Hwang mengaku tidak menerima pemberitahuan awal soal pengambilalihan handle @X ini. Sehingga tidak ada diskusi di antara keduanya.

Hwang hanya menerima satu email yang berisi pemberitahuan bahwa Twitter (sekarang X) telah mengambil alih username @X darinya.

Ilustrasi akun @X yang diambil dari pengguna Twitter Gene X Hwang. Kini disulap Elon Musk sebagai akun resmi perusahaannya X Corp.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi akun @X yang diambil dari pengguna Twitter Gene X Hwang. Kini disulap Elon Musk sebagai akun resmi perusahaannya X Corp.
Gene X Hwang bercerita, biasanya ia menggunakan nama "genex" sebagai username-nya di sosial media. 

Dalam kasus Twitter, Hwang mendaftar ke Twitter pada bulan yang sama ketika jejaring sosial bikinan Jack Dorsey itu dirilis.

Baca juga: Sempat Terblokir, Situs X.com Twitter Kini Bisa Diakses dari Indonesia

Hwang mengetahui bahwa pengguna bisa mendaftarkan akun dengan handle satu huruf. Makanya, ia memilih handle @X sebagai username Twitter-nya. Huruf X dipilih karena merupakan nama tengah Hwang.

Hwang mengaku juga berteman (mutual friend) dengan pengguna yang satu angkatan dengannya di Twitter, dan mendaftarkan dengan handle satu huruf, seperti @a, @j, @c, @k, dan @t.

Setelah diambil alih, perusahaan Elon Musk menawarkan Hwang sebuah handle alternatif lengkap dengan postingan dan pengikutnya. Jadi, Hwang tidak kehilangan riwayat akunnya. 

Adapun handle baru yang diberikan kepada Hwang adalah @x12345678998765.

Username langka tapi tak dapat imbalan uang

Lambat laun, dengan perkembangan Twitter yang semakin banyak digunakan orang, handle dengan jumlah huruf sedikit pun menjadi langka. Apalagi handle satu huruf seperti @X milik Hwang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com