Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 14 "Tanpa Sinyal" Jadi Juru Selamat di Kebakaran Hawaii

Kompas.com - Diperbarui 14/08/2023, 09:15 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Apple kembali menyelamatkan penggunanya lewat fitur andalan yang ada di iPhone 14 series, yakni fitur Komunikasi Satelit atau Emergency SOS.

Fitur Komunikasi Satelit kali ini berhasil menyelamatkan keluarga yang terjebak di dalam kendaraan akibat kebakaran hutan di Pulau Maui, Hawaii. Informasi kejadian ini diungkap melalui Twitter (X) oleh salah kerabat bernama Michael Miraflor.

Ia mengungkapkan lima orang yang memiliki relasi dengan pasangan kakak laki-lakinya terjebak di dalam kendaraaan. Kendaraan yang dikendarai saat itu tidak dapat bergerak ke mana-mana. Sebab, mereka tengah berada di Toko Maui, pusat perbelanjaan Lahaina, tempat di mana kebakaran hutan terjadi.

Baca juga: Fitur Komunikasi Satelit iPhone 14 Bantu Padamkan Kebakaran Hutan

“Sepupu dari pacar kakak laki-laki sama dan keluarganya terjebak di dalam kendaraan di Pulau Maui, sementara kebakaran hutan tiba-tiba terjadi di sekitar mereka,” tulis Michale dengan handles @michaelmiraflor.

Dalam situasi yang terdesak, jaringan seluler di wilayah tersebut juga tidak tersedia. Guna meminta pertolongan darurat, salah seorang di antara mereka memanfaatkan fitur Komunikasi Satelit untuk mengirim pesan SOS.

Usai terhubung melalui satelit, korban menginformasikan titik lokasi, jumlah orang yang terjebak, dan menjelaskan kondisi mereka yang sedang terjebak. Ada begitu banyak api yang di sekeliling mereka sehingga tidak ada jalan keluar.

Tim SAR (Search and Rescue) serta pemadam kebakaran pun mengirimkan pesan secara berkala terkait perjalanan mereka menuji titik lokasi. Dalam waktu 30 menit, tim pemadam kebakaran berhasil menemukan keluarga korban dan mengevakuasu mereka dengan aman.

Baca juga: iPhone 14 Punya Fitur Komunikasi Satelit untuk Keadaan Darurat, Bagaimana Cara Kerjanya?

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Mac Rumors, Minggu (13/8/2023), keberhasilkan dan ketepatan waktu tim pemadam menjangkau lokasi korban turut dibantu oleh fitur Komunikasi Satelit dari Apple.

Dari laporan yang beredar, kebakaran hutan yang terjadi di Hawaii menjadi kasus kebakaran yang cukup besar dan menewaskan setidaknya 53 orang.

Melansir dari Kompas.com, kebakaran hitan tersebut membuat pulau tampak seperti gurun pasir yang hangus. Jalan layang di wilayah Lahaina yang awalnya penuh dengan alam penuh warna, kini berubah menjadi abu kelabu.

Aplikasi Apple Emergency SOS.Apple Aplikasi Apple Emergency SOS.

Terlepas dari hal itu, fitur Komunikasi Satelit lagi-lagi dijadikan sebagai penyelamat bagi penggunanya. Sudah ada beberapa kejadian yang membuktikan bahwa fitur ini bukan gimmick semata.

Ada berbagai macam kejadian yang terbantu dengan kehadiran fitur komunikasi satelit iPhone 14. Mulai dari membantu penggunanya menemukan jalan keluar saat tersesat, terjebak di dalam es, bahkan saat terjadi kecelakaan.

Dengan fitur ini, pesan darurat dapat dikirim tanpa melalui sinyal operator seluler. Fitur ini memanfaatkan konektivitas satelit.

Cara menggunakannya, pengguna hanya perlu mengarahkan iPhone 14 ke arah satelit terdekat untuk mendapatkan sinyal. Jika sudah terkoneksi, pengguna akan diminta mendeskripsikan jenis bantuan yang dibutuhkan dengan pesan singkat.

Walau kecepatan transfer datanya lebih lambat dan mengandalkan kualitas koneksi satelit, fitur ini dinilai sangat membantu karena menawarkan opsi lain kepada pengguna di dalam situasi darurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com