Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Harga Lenovo Legion Go, Konsol Windows Pesaing Steam Deck dan ROG Ally

Kompas.com - 29/08/2023, 17:31 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber TechSpot

KOMPAS.com - Lenovo dikabarkan tengah menyiapkan konsol game portabel (handheld) bernama "Legion Go". Konsol game Windows 11 ini akan bersaing dengan Asus ROG Ally dan Steam Deck.

Dalam sebuah bocoran dokumen press release, Legion Go diketahui akan diperkenalkan dalam pameran elektronik IFA 2023 di Berlin pada September mendatang. Konsol game Windows ini akan mulai dijual pada Oktober 2023.

Menurut bocoran yang diperoleh media teknologi Windows Report, Legion Go akan dibanderol dengan harga 799 dollar AS atau setara Rp 12,1 juta.

Sebagai perbandingan, Asus ROG Ally Z1 Extreme hadir dengan harga Rp 11,2 juta di Indonesia. Sementara itu, Steam Deck dibanderol seharga 399 dollar AS (sekitar Rp 6 juta) untuk varian paling dasar 64 GB.

Dengan harga seperti ini, Legion Go disebut-sebut akan membawa sejumlah peningkatan dan fitur baru dibanding konsol game Windows yang menjadi pesaingnya, kecuali untuk sektor APU yang masih mengandalkan AMD Ryzen Z1 Extreme sama seperti ROG Ally.

Legion Go konon akan mengusung layar Quad HD IPS berukuran 8,8 inci, dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel, dan refresh rate hingga 144 Hz.

Bocoran wujud fisik Lenovo Legion GoEvan Blass Bocoran wujud fisik Lenovo Legion Go

Panel ini juga dibekali teknologi Variable Refresh Rate (VRR) untuk mengubah frame rate layar secara otomatis, sehingga menghasilkan visual yang lebih mulus dan konsisten.

Baca juga: Penampakan Legion Go, Konsol Game Handheld dari Lenovo

Sebagai perbandingan, Asus ROG Ally mengandalkan layar 7 inci beresolusi 1080p dengan refresh rate 120 Hz, dan teknologi VRR. Steam Deck menggunakan layar 7 inci dengan resolusi 1.280 x 800 piksel, dan refresh rate 60 Hz.

Dirangkum KompasTekno dari Techspot, Selasa (29/8/2023), ukuran layar Legion Go yang lebih besar dibanding pesaingnya, disebut akan membuat perangkat memiliki daya tahan baterai yang lebih rendah.

Kendati demikian, Legion Go diyakini akan memiliki fitur hemat daya untuk mengatasi masalah ini.

Masih soal desain, Lenovo Legion Go memiliki wujud fisik yang mirip dengan Nintendo Switch, karena memiliki layar yang diapit oleh dua controller.

Menurut cuplikan video yang dibocorkan oleh tipster gadget kenamaan, Evan Blass, controller bernama "Legion TrueStrike Controller" ini bisa dilepas seperti "Joy-Con" milik Nintendo Switch.

Controller ini tampak memiliki mode "FPS" yang meningkatkan pengalaman pengguna, ketika sedang menikmati game shooter.

Berikutnya, konsol Windows 11 ini memanfaatkan RAM LPDDR5X dengan kecepatan hingga 7.500 MHz, sehingga lebih "ngebut" ketimbang RAM LPDDR5 yang ada di ROG Ally dan Steam Deck.

Lenovo Legion Go kabarnya akan dilengkapi media penyimpanan (storage) 1 TB yang bisa diperluas dengan microSD hingga 2 TB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com