Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fairphone 5 Meluncur, Ponsel Android yang Dapat "Update" Keamanan hingga 10 Tahun

Kompas.com - 04/09/2023, 11:01 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Produsen smartphone Android asal Belanda, Fairphone resmi meluncurkan produk terbarunya bernama Fairphone 5 pada 30 Agustus lalu di pasar Eropa. Seperti namanya, ponsel ini merupakan penerus Fairphone 4 yang diperkenalkan pada 2021 lalu. 

Tak seperti ponsel Android kebanyakan yang biasanya memiliki jaminan pembaruan (update) keamanan (security) selama 2-3 tahun, update keamanan di Fairphone 5 terjamin selama 10 tahun (hingga 2033 mendatang). 

Lalu untuk pembaruan software atau sistem operasi (OS), Fairphone 5 dipastikan akan mendapatkan update selama 5 tahun ke depan. Biasanya, pembaruan OS suatu ponsel Android hanya berkisar di angka 2 tahun.

Saat ini, Fairphone 5 menjalankan OS Android 13. Karena versi terbaru OS Android biasanya dirilis tiap tahun, artinya ponsel ini setidaknya akan kebagian OS Android hingga versi Android 18.

Baca juga: Smartphone Ini Dapat Upgrade Android hingga 5 Generasi, Lebih Lama dari Lainnya

Selain didukung pembaruan software yang lebih lama dari ponsel Android kebanyakan, 70 persen komponen dari Fairphone 5 juga diklaim dibuat dengan material ramah lingkungan.

Di samping itu, ponsel ini juga disebut mudah untuk dibongkar dan diperbaiki. Pasalnya, pembongkaran perangkat diklaim hanya membutuhkan satu obeng berjenis Phillips saja. 

Spesifikasi Fairphone 5

Secara desain, Fairphone 5 mengadopsi layar OLED 6,46 inci dengan resolusi 1.224 x 2.700 piksel, refresh rate 90 Hz, dan tingkat kecerahan 880 nit. Layar ponsel ini sudah dilindungi dengan pelapis kaca Gorilla Glass 5. 

Ilustrasi ponsel Fairphone 5.GSMArena Ilustrasi ponsel Fairphone 5.

Pada sektor fotografi, Fairphone 5 dibekali dengan tiga kamera belakang yang dimuat dalam sebuah modul berbentuk segitiga. Ketiga kamera ini terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.9), kamera ultrawide 50 MP (f/2.2), dan kamera TOF 3D. 

Di bagian tengah atas layar, terdapat pula kamera 50 MP (f/2.45) yang dimuat dalam sebuah modul punch hole.

Untuk sektor performa, Fairphone 5 ditenagai dengan chipset Qualcomm QCM6490 (konon setara dengan Snapdragon 778G), yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan (storage) 256 GB. 

Baca juga: iPhone Lawas Dapat Update Keamanan seperti iOS 16.3, iPhone 5s Kebagian

Fitur pendukung lainnya yang ada di smartphone Android ini mencakup baterai berkapasitas 4.200 mAh yang mendukung fast charging 30W via konektor USB-C, WiFi 6E, Bluetooth 5.2, NFC, 5G, dan sertifikasi tahan air dan debu dengan IP rating IP55. 

Di pasar global, Fairphone 5 tersedia dalam varian warna Matte Black, Sky Blue, dan Transparent, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Senin (4/9/2023).

Ponsel ini dijual dengan harga 700 euro (sekitar Rp 11,5 juta) dan sudah bisa dibeli di situs web resmi Fairphone. 

Belum ada informasi pasti apakah ponsel ini akan dijual di Indonesia secara resmi atau tidak. Terlebih, ponsel bermerek Fairphone selama ini memang belum pernah diboyong ke Tanah AIr.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com